TEKNOLOGI

4 September, Samsung Galaxy Note III Meluncur

Mengusung layar selebar 5,7 inci. Lebih tipis dari Galaxy Note II.
Senin, 8 Juli 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna
Peluncuran Samsung Galaxy Note 10.1 [Foto ilustrasi]
VIVAnews - Rumor tentang kehadiran Galaxy Note generasi ketiga mulai terjawab. Phablet—istilah untuk ponsel tablet—Samsung satu ini memang jadi perangkat yang ditunggu-tunggu untuk tahun ini. Tak heran, rumor tentang kehadirannya sudah berhembus sejak awal tahun.

Menurut laporan terbaru, yang dilansir GSM Arena hari ini, kehadiran Galaxy Note III akan diumumkan dua hari sebelum IFA 2013 di Berlin dibuka, tepatnya 4 September 2013.

Laporan itu mengatakan Samsung Galaxy Note III akan muncul dengan layar Super AMOLED berukuran 5,7 inci, lebih kecil dari ukuran yang sering disebutkan belakangan ini, 6 inci.

Layarnya mendukung resolusi Full HD 1080p, yang didukung dengan chipset Snapdragon 800 atau prosesor Exynos 5 Octa, dipadukan dengan RAM bertenaga 3 GB.

Selain itu, phablet Galaxy Note generasi ketiga ini disebutkan akan berbekal kamera belakang 13 MP. Dimensinya bahkan agak lebih tipis dari Galaxy Note II, yakni setebal 0,8 cm.

Saat dikonfirmasi, Samsung masih enggan mengeluarkan keterangan resmi. Tapi, tampaknya kemunculan Galaxy Note III di IFA 2013 benar-benar akan terjadi, mengingat kompetisi yang semakin kuat di jagat komputer tablet.

Sebelumnya, sebuah website China bernama MyDrivers mengklaim telah "bertemu" Galaxy Note III secara up close dan personal.

Website itu memaparkan, Galaxy Note 3 akan muncul dengan layar berukuran 5,99 inci beresolusi Full-HD 1920 x1080 piksel, jelas lebih tajam dari Galaxy Note 2 yang hanya 720 x 1280 piksel.

Di balik layar yang tajam, bekerja dua buah prosesor, yaitu Exynos 5410 Octa A15 clocking 2 GHz dan prosesor A7 1,7 GHz. Prosesor itu semakin perkasa dengan dukungan RAM sebesar 3 GB, dibandingkan Galaxy S4 hanya 2 GB dengan kemampuan prosesor yang sekelas.

Galaxy Note 2 (kanan) bersanding dengan perangkat yang diduga kuat sebagai Galaxy Note 3. (MyDrivers)

Sayang, di website itu Samsung juga memilih untuk bungkam.
TERKAIT
TERPOPULER