Peneliti: Bumi Dulu Dikelilingi Dua Bulan

super moon 2013
Sumber :
  • REUTERS/Shamil Zhumatov
VIVAnews
Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia
- Seorang peneliti dari University of California, Amerika Serikat, Professor Erik Asphaug, mengklaim bahwa Bumi sebenarnya memiliki dua Bulan. Namun, yang satunya sudah lama hancur.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Seperti dilansir harian
Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Telegraph , Senin 7 Juli 2013, teori terbaru yang disampaikan oleh Asphaug di acara konferensi tentang bulan yang diadakan di Royal Society itu menyatakan pada jutaan tahun lalu Bumi mempunyai dua bulan kembar. "Yang satu berukuran kecil dan satu lagi seperti yang kita lihat sekarang," kata dia.


Menurut Asphaug, bulan yang berukuran lebih kecil diyakini hanya bertahan beberapa juta tahun saja, sebelum akhirnya hancur tertabrak oleh bulan yang ada sekarang.


"Dari hasil tabrakan itu, maka hanya menyisakan satu bulan besar yang dapat kita lihat sekarang," kata Asphaug.


Dia menjelaskan, kedua bulan itu mengorbit pada Bumi dengan jarak dan kecepatan yang sama. Kemudian secara perlahan kedua bulan itu saling bertabrakan dan bersatu.


"Saya menduga permukaan bulan yang seperti pegunungan adalah sisa-sisa dari bulan kecil yang hancur setelah bertabrakan. Bulan kecil itu diperkirakan berukuran
one thirtieth
," ujar Asphaug.


Bumi dan bulan diperkirakan terbentuk antara 30 juta sampai 130 juta tahun setelah kelahirang Tata Surya, atau sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.


Dugaan Baru

Asphausg juga mengatakan, bulan memiliki hubungan yang sangat erat dengan Bumi. Ada dugaan baru yang menyatakan batuan mineral yang ada di bulan itu berasal dari Bumi.


"Milyaran tahun lalu, Bumi pernah diserang oleh asteroid besar yang memuntahkan isi Bumi sampai ke luar angkasa. Bukan tak mungkin, bagian-bagian Bumi yang mengandung mineral itu terhempas dan mendarat di bulan," kata Asphausg. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya