8 Juli, Situs AltaVista Tutup Usia

Tampilan halaman depan mesin pencari AltaVista, 2010
Sumber :
  • altavista.com
VIVAnews -
Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker
Yahoo mengumumkan akan segera mengakhiri operasional AltaVista, salah satu pelopor mesin pencarian di dunia maya yang muncul sejak 1995.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Dalam blog resminya, Yahoo mengumumkan kabar itu bersama dengan penutupan beberapa portofolio Yahoo lainnya, dilansir
Lintasarta Perkuat Infrastruktur Jaringan Selama Puncak Mudik dan Lebaran 2024
BBC, Rabu 3 Juli 2013.

"Ini upaya untuk mempertajam fokus kami, dan memberikan pengalaman baru untuk kehidupan sehari-hari Anda. Sebagai bagian dari itu, kami menutup beberapa produk agar lebih fokus menciptakan produk yang penting bagi Anda," tulis Yahoo.


Yahoo menjadwalkan akan menutup AltaVista pada 8 Juli nanti. Setelah itu, pencarian ke situs AltaVista akan secara otomatis diarahkan ke halaman pencarian utama Yahoo.


AltaVista merupakan salah satu mesin pencarian pertama yang punya konten indeks situs signifikan. Keberadaannya sangat populer sebelum Google muncul di akhir era '90-an.


AltaVista diluncurkan pada tahun 1995, ketika mesin pencarian dan pembukuan informasi umumnya masih sangat buruk terhadap situs-situs Internet.


Popularitas AltaVista makin melejit ketika mampu melakukan indeks situs Web hingga 20 juta halaman situs, jauh lebih banyak daripada mesin pencarian lain saat itu.


Teknologi
indexing
atau penelusuran milik AltaVista relatif yang terbaik dalam pencarian dan pembukuan halaman situs Internet di masanya. Teknologi itu juga digunakan komputer super cepat dalam melakukan pencarian singkat.


Kombinasi itu mengantarkan AltaVista jadi salah satu tujuan situs paling populer sampai tahun 2001, setelah itu Google mulai mengunggulinya.



Tampilan mesin pencari AltaVista di tahun 1999. (smashingapps.com)

Diakuisisi Yahoo


Yahoo tercatat mengakuisisi teknologi, indeks, dan nama AltaVista pada tahun 2003, ketika perusahaan yang berbasis Sunnyvale, California, itu membeli perusahaan iklan Overture.


Peranti lunak AltaVista diciptakan oleh ilmuwan komputer AS, Paul Flaherty, Louis Monier, dan Briton Michael Burrows, yang bekerja di laboratorium riset Digital Equipment Corporation (DEC).


Pada 1998, DEC dibeli perusahaan pembuat PC, Compaq. Sejak dibeli, AltaVista mengalami masa antiklimaks, sampai akhirnya setahun berselang, DEC dijual ke perusahaan modal ventura yang mempersiapkan penawaran publik (IPO).


Kondisi itu menarik AltaVista yang dibeli Overture pada tahun 2003 dan kemudian menjadi bagian portofolio Yahoo.


Analis mesin pencari, Danny Sullivan menuliskan pidato untuk AltaVista pada situs Search Engine Land, bahwa AltaVista merupakan mesin pencari paling disukai sepanjang masa jayanya yang singkat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya