TEKNOLOGI

Awas, Semut Ini Bisa Rusak Peralatan Elektronik

Semut gila itu tidak menyengat dan gigitannya tidak menyakitkan.

ddd
Sabtu, 29 Juni 2013, 06:30
Semut perusak.
Semut perusak. (nbcnews)
VIVAnews - Pembasmi serangga asal Amerika Serikat, Mike Matthews, kewalahan menerima panggilan perbaikan peralatan air conditioning (AC) milik para warga. Pasalnya, kerumunan "semut gila" telah menyerang peralatan elektronik.

Dengan mata kepalanya sendiri, Matthews melihat semut-semut itu menyerang puluhan AC di wilayah Austin, Texas, AS. Semut akan berkerumun dan merusak sirkuit switch AC, sehingga membuat AC tidak dapat dinyalakan.

"Bila Anda membuka alat-alat elektronik dan menemukan kerumunan semut. Itu adalah semut gila yang saya maksud," kata Matthews, dilansir NBC News, Jumat 28 Juni 2013.

Semut-semut gila itu adalah makhluk invasif, atau spesies yang datang dari tempat lain, pertama kali datang ke Amerika Serikat pada tahun 2002. Makhluk mungil itu telah menjadi ancaman selama beberapa tahun terakhir, dan tersebar di Texas dan Florida.

Menurut Edward LeBrun, peneliti di University of Texas, As, banyak peneliti yang bingung, mengapa semut itu sangat tertarik bersarang di dalam barang-barang elektronik, seperti pendingin udara, peralatan pertanian, dan pompa air.

"Salah satu alasan semut itu tidak bersarang di dalam lubang-lubang tanah adalah karena ukurannya yang hanya seperdelapan inci, sehingga dapat dengan mudah masuk keperangkat ponsel, komputer dan lainnya," kata LeBrun.

LeBrun menambahkan, ketika semut itu masuk ke dalam peralatan elektronik dan menyentuh sirkuit-sirkuit listrik, maka semut itu akan tersetrum.

"Saat semut tersetrum, mereka akan mengeluarkan feromon, atau aroma yang dikeluarkan semut yang digunakan untuk memberitahukan kalau semut sedang diserang. Akibatnya banyak kerabat semut yang datang membantu," jelas LeBrun.

Saat ini para peneliti dan pembasmi serangga sedang berusaha menciptakan sejenis umpan untuk menarik perhatian semut-semut gila.

"Untungnya semut gila itu tidak menyengat dan gigitannya tidak menyakitkan. Hanya sifat perusaknya saja yang sangat mengganggu manusia," ujar LeBrun.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
prisw
01/07/2013
Memang di sono namanya crazy ants, tp indonesia jenis semut spt ini dikenal dgn nama semut gramang, tidak menggigit, tidak menyengat tapi "kencing"nya pedih kl kena kulit yg luka.
Balas   • Laporkan
hariz.the.hope.of.happiness
29/06/2013
saya jg pernah kejadian, semut ini didalam stop kontak lampu, saya pikir apa yang menyebabkan macet fungsi stop kontaknya, bmencegahnya dg menyemprot pembasmi serangga seperti baygon ke t4 berkumpulnya semut pada alat-alat elektronik
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id