PayPal Akan Jadi Alat Pembayaran di Ruang Angkasa

Virgin Galactic sukses ujicoba pesawat ruang angkasa
Sumber :
  • Bill Deaver/Deaver-Wiggins and Associates

VIVAnews - Layanan pembayaran online, PayPal, mengumumkan rencananya membuat sistem pembayaran yang dapat digunakan di ruang angkasa. Jika sudah jadi, PayPal bisa digunakan untuk membeli barang saat bepergian di ruang angkasa.

Hal itu diumumkan PayPal pada Rabu lalu, 26 Juni 2013 sebagaimana diberitakan The Space Reporter, Jumat 28 Juni 2013.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Program itu diberi tajuk PayPal Galactic, yang mana tujuannya adalah memberikan layanan pembayaran barang yang dibeli konsumen ketika berada di ruang angkasa,

Menurut David Marcus, Presiden PayPal, fitur PayPal Galactic ini muncul karena banyak perusahaan swasta yang tertarik merencanakan perjalanan wisata ke ruang angkasa.

"Sistem pembayaran baru ini khusus ditujukan kepada para antariksawan, petualang ruang angkasa, dan wisatawan ruang angkasa," kata Marcus.

PayPal Galactic merupakan hasil kerja sama antara PayPal, Space Tourism Society, dan Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Institute. Namun, PayPal enggan mengungkapkan kocek investasi untuk mengembangkan usaha barunya ini.

Tinggal menunggu waktu

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Sementara itu, Buzz Aldrin, antariksawan yang pernah ke bulan bersama Neil Armstrong mengatakan, di masa depan program pembayaran di ruang angkasa sangat penting dan dibutuhkan, karena suatu hari kelak,  tamasya ke luar angkasa kian marak dilakukan.

"Ketika wisatawan ingin kembali ke Bumi, mereka bisa jadi membeli tiket pulang dari program terbaru Paypal," kata Aldrin.

Pembayaran di ruang angkasa memang sebuah ide gila. Namun, Direktur Inisiatif Senior PayPal Anuj Nayer mengatakan, bukan tak mungkin PayPal Galactic bisa digunakan untuk membeli souvenir di Stasiun Ruang Angkasa.

"Kami memang belum bisa memastikan kapan itu terjadi. Tapi, ketika suatu hari nanti berada di ruang angkasa, kita tidak akan menggunakan uang tunai untuk membeli barang," kata Nayer, dikutip The Christian Science Monitor.

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024