TEKNOLOGI

FOTO: Penampakan Kabut Asap di Riau dari Satelit

Google berhasil menangkap beberapa gambarnya.
Rabu, 26 Juni 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
Citra kabut asap di Riau yang tampak dari satelit
VIVAnews - Kebakaran lahan dan hutan di Riau terus berlangsung dan mengundang keprihatinan banyak pihak. Tak hanya mengganggu aktivitas warga sekitar provinsi Riau, kabut asap juga mengacaukan beberapa jadwal penerbangan pesawat sampai mengganggu aktivitas di negara tetangga, terutama Singapura dan Malaysia.

Tim media Google merilis foto-foto satelit kebakaran itu. Foto diambil dari MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer), instrumen penting yang berada di satelit Terra (EOS AM) dan Satelit Aqua (EOS PM).

Terra MODIS dan Aqua MODIS mengamati permukaan seluruh Bumi setiap satu-dua hari. Satelit Terra mengorbit dari utara sampai selatan melewati garis ekuator pada pagi hari, sedangkan Aqua bergerak dari selatan ke utara di atas ekuator pada malam hari.

MODIS berfungsi mengamati proses dan dinamika global yang terjadi di Bumi, termasuk lautan dan atmosfer rendah Bumi. Satelit ini berperan penting untuk memprediksi perubahan global secara akurat juga membantu para pembuat kebijakan seputar perlindungan lingkungan.

MODIS mengambil data dalam kisaran 36 spektral band pada panjang gelombang 0,4 micrometer sampai 14,4 mikrometer. Data instrumen ini pernah digunakan untuk memantau gumpalan abu vulkanik di semenanjung Kamchatka, timur Rusia dan badai Katrina dekat semenanjung Florida, AS.

Ini adalah foto-foto terkini dari MODIS untuk Riau dan Singapura, diambil tanggal 24 Juni:


TERKAIT
TERPOPULER