Jejaring Sosial Khusus Layanan Kesehatan di Indonesia

Menpora KRMT Roy Suryo dan Prof Suhono di sela peluncuran Awankesehatan.com
Sumber :

VIVAnews - Pernahkah Anda membayangkan, merasa kesulitan untuk mencari bantuan medis, seperti dokter, klinik, puskesmas, atau rumah sakit ketika berkunjung ke daerah terpencil atau pelosok? Tentu Anda tidak ingin berada di posisi sulit itu.

Sebab itu, di acara peluncuruan Padmanaba Network di auditorium Kementrian Kesehatan Kuningan Jakarta, baru-baru ini diperkenalkan suatu wahana inovasi jejaring sosial kesehatan Indonesia, Awan Kesehatan dan pengembangan mobile health untuk monitoring diabetes.

Jejaring Padmanaba adalah suatu jejaring yang dibentuk oleh alumni SMAN 3 Yogyakarta, yang mewadahi berbagai profesi untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan bangsa.

Soal Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Adopsi Anak, Ramalan Hard Gumay Bikin Tercengang

Jejaring ini digawangi Menpora KRMT Roy Suryo, Sekjen Kemenkes dokter Supriyantoro, Dirjen Haji Indonesia Anggito Abimanyu, dan Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Prof Suhono Harso Supangkat, yang kesemuanya adalah alumni SMA3 Yogyakarta.

Produknya, inovasi Awan Kesehatan digagas menjadi wahana peningkatan kualitas layanan kesehatan yang dibangun untuk memudahkan pasien atau orang sehat mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah, cepat, dan murah.

Komponen pelayanan kesehatan tersebut meliputi, dokter, rumah sakit, klinik, apotik, puskesmas hingga tempat olahraga dan masalah gizi/kuliner sehat.

Dengan adanya wahana ini, antara komponen kesehatan tersebut diharapkan dapat berkomunikasi dengan cepat, dan bisa berkolaborasi untuk merawat atau menjaga kesehatan pasien.

"Dengan konsep ini diharapkan orang yang sehat tetap bisa mendapatkan informasi atau layanan kesahatan, sementara yang sedang sakit bisa mendapatkan layanan yang cepat dan mudah, sesuai dengan kemampuannya," ujar Sekjen Kemenkes, dr Supriyantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, 25 Juni 2013.

Supriyantoro mengatakan, konsep ini masih ada di tahap awal sehingga terbuka untuk dikerjasamakan dengan organisasi lain yang tertarik berkonstribusi dalam peningkatan layanan kesehatan di Tanah Air.

Kinerja pelayanan kesehatan juga bisa dilihat secara real-time, sehingga pemerintah bisa segera mengambil respons terhadap layanan kesehatan yang ada di wilayah tertentu yang membutuhkan perhatian.

Sementara Menpora KRMT Roy Suryo, yang juga hadir dalam acara perkenalan Awankesehatan.com, mendukung agar jejaring ini dikembangkan agar pemuda Indonesia menjadi lebih peduli terhadap kesehatan, sehingga dapat membantu pemerintah mewujudkan Kota Sehat.

"Jika kemudahan dan kepastian yang ditawarkan, maka masyarakat akan lebih peduli pada kesehatan, tak terkecuali pemuda-pemudi," tutur Roy.

Platform informasi kesehatan ini dikembangan oleh IndiHealth, yang beroperasi di bawah binaan LPIK (Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan) ITBĀ  dan masuk dalam jejaring Padmanaba Network.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Gibran Akui Ada Pembicaraan soal Kemungkinan Koalisi dengan PDIP

Wali Kota Surakarta yang juga calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka menyebut ada pembicaraan soal kemungkinan koalisi dengan PDIP pada pemerintahan ke depan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024