Bayi Penyu Bisa Pilih Jenis Kelamin Sendiri

Penyu
Sumber :
  • http://dunianugroho29.blogspot.com
VIVAnews -
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
Para induk kura-kura dan penyu ternyata bertindak sangat adil kepada anak-anaknya. Sejak anak-anak menjadi embrio, sang induk membebaskan mereka memilih untuk menjadi jantan atau betina.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Bagaimana caranya?
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi


Ketika penyu dan kura-kura masih di dalam telur, mereka menggeliat-geliat untuk memunculkan panas. Menurut para peneliti dari Chinese Academy of Sciences, aktivitas itu memungkinkan embrio penyu dan kura-kura untuk memilih jenis kelaminnya sendiri.


Temuan ini menjelaskan bahwa embrio kura-kura dan penyu sengaja mengatur suhu tubuh mereka untuk menentukan masa depannya.


Wei Guo Du, ahli ekologi dari Chinese Academy of Sciences mengatakan, penelitian ini telah menginkubasi 125 telur dengan tingkat panas yang berbeda, yaitu 26 hingga 33 derajat Celcius.


"Untuk mengetahui perkembangan embrio di dalam telur, kami menggunakan sinar siluet. Kami melihat pergerakan dari embrio dari tempat yang panas ke tempat yang lebih dingin," kata Du, dilansir
Softpedia,
21 Juni 2013.


Du menambahkan, penelitian ini menunjukkan bahwa embrio secara aktif memilih jenis kelaminnya sendiri dengan memilih suhu panas atau dingin.


"Embrio yang memilih berada di suhu dingin adalah jantan. Sementara embrio yang memilih suhu lebih panas, seringkali adalah betina," jelas Du.


"Hasil temuan terbaru ini menunjukkan bahwa embrio penyu dan kura-kura memiliki peran penting dalam memilih jenis kelaminnya," imbuh Du.


Secara lebih detail, paparan penelitian ini diterbitkan di Journal Biology Letters pada tanggal 11 Juni 2013. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya