Pria Kebal Jalan di Atas Lahar, Ini Penjelasan Peneliti

Pria Ini Kebal Jalan di Atas Lahar Panas.
Sumber :
  • Dailymail
VIVAnews - Sebuah video YouTube menampilkan seorang pria yang sedang berjalan di atas aliran lava panas di Gunung Etha di Sisilia. Para ahli geoscience pun meyakini bahwa pria itu benar-benar berjalan di atas lahar.
Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!

Di dalam video berdurasi 40 detik itu terlihat seorang pria berjalan di atas lahar, namun sama sekali tidak merasakan panas. Di langkah terakhirnya terlihat di sepatu ada sedikit api kecil. 
Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu 19 Juni 2013, Erik Klementi, Ilmuwan Geoscience dari Denis University, Ohio, AS, menjelaskan, pada saat lahar panas mendidih di udara yang dingin, akan membentuk kerak yang memungkinkan manusia berjalan di atasnya.
Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

"Meskipun lahar itu tampak mengalir seperti sungai, tetapi lebih kental dari air. Artinya, kerak itu mampu menahan sejumlah tekanan kecil," kata Klementi.

Dalam kasus orang di video itu, Klementi mengungkapkan, bahwa kaki dari pria itu mungkin saja akan gosong terkena lahar, tetapi pada lahar itu ada kerak yang mampu melindunginya.

"Itu memang terlihat sangat luar biasa. Tapi, perlu diketahui pada aliran lahar itu terdapat kerak yang menjadi pijakan si pria," ujar Klementi.

Di dalam video itu juga terlihat beberapa orang yang berkumpul di sekitar aliran lahar. Itu menunjukkan bahwa aliran lahar tidak berada di pusatnya, sehingga sekumpulan orang itu tidak merasakan suhu panas.

"Jika pria itu tercebur ke dalam lahar, akan meyebabkan kandungan air di dalam tubuh pria itu mendidih. Pada akhirnya, tubuh pria itu akan meledak di dalam lahar," ungkap Klementi.

Setelah diselidiki lebih jauh, ternyata orang-orang di video itu adalah "Seniman Lahar" yang sudah biasa melakukan aksi-aksi ekstrim.

Menurut salah satu anggotanya, berjalan di atas lahar panas memiliki tiga pilihan. Pertama, memilih lahar yang tepat. Kedua, melangkah dan yakin akan tetap hidup. Ketiga, percaya kepada keberuntungan.

Bagi pecinta aksi-aksi ekstrim di Indonesia. Percayalah, aksi ini jangan pernah dilakukan. Tentu Anda tidak ingin tubuh meledak di dalam lahar panas. Videonya, bisa dilihat dalam tautan ini. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya