Whatsapp Akan Diblokir Arab Saudi

Aplikasi WhatsApp
Sumber :
  • gmtennis.com
VIVAnews
TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang
- Arab Saudi berencana memblokir layanan komunikasi berbasis internet Whatsapp dalam beberapa minggu ini jika perusahaan berbasis Amerika Serikat itu gagal memenuhi syarat regulator telekomunikasi kerajaan itu. Sebelumnya, Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi (CITC) telah melarang Viber.

Kata Ernando Ari Usai Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Australia

"Kami telah berkomunikasi dengan Whatsapp dan platform komunikasi serupa lainnya untuk bekerjasama dan menuruti provider telekomunikasi Saudi, namun sejauh ini belum ada satupun dari komunikasi berhasil," kata Gubernur CITC Abdullah Al-Darrab, kepada Arab News, dan dilansir ulang oleh Reuters.
Kesaksian Menkeu soal Bansos di MK Dinilai Banyak yang Tak Sesuai Fakta di Lapangan


Arab Saudi sepertinya berusaha keras mengendalikan ruang siber setelah pengguna internet dan smartphone terus bertambah, di tengah-tengah situasi orang sulit bercampur. Al-Darrab menyatakan, Viber telah diblokir, sementara Whatsapp dan Skype bisa menyusul.


Saat ditanya kapan kemungkinan kapan Whatsapp diblokir, pimpinan CITC itu menyebutkan sebelum bulan Ramadan nanti. Maret lalu, badan itu menyatakan aplikasi-aplikasi macam Whatsapp ini melanggar hukum.


Media lokal melaporkaan tiga provider utama Saudi telah ditanya CITC apakah mereka mampu mengawasi atau memblokir aplikasi-aplikasi itu.


Tahun 2012, penetrasi mobile sudah mencapai 188 persen. Kini Arab Saudi memiliki 15,8 juta pelanggan internet. Bahkan menurut YouTube, pemirsa Arab Saudi tiga kali lebih banyak menyaksikan video daripada pemirsa di Amerika Serikat. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya