Google Beli Waze, Pengembang Aplikasi Anti Macet

Sumber :
  • wired.com

VIVAnews - Google akhirnya menyelesaikan akuisisi perusahaan aplikasi navigasi sosial asal Israel, Waze.

Google mengalahkan rivalnya, Apple dan Facebook, pada akuisisi Waze, dilansir Business Insider, Rabu 12 Juni 2013.

Nilai pembelian secara rinci tidak disebutkan, tapi berbagai laporan menyebutkan Waze dibeli perusahaan Internet raksasa itu dengan banderol US$1 Miliar, setara Rp9,8 triliun.

Dalam kesepakatan itu, Google tetap memperbolehkan tim Waze bekerja secara mandiri di Israel. Beda dengan tawaran dari Facebook. Jika Waze jadi dibeli raksasa sosial media buatan Zuckerberg itu, tim Waze harus pindah ke Silicon Valley, markas Facebook.

Alasan kemandirian itulah yang membuat CEO Waze, Noam Bardin, lebih rela melepas perusahaannya ke Google. Selain bisa tetap mandiri, akuisisi itu mencegah Waze go public. (Baca juga )

Dalam blog resminya, Google mengumumkan secara resmi akuisisi Waze.

"Untuk membantu Anda menyiasati problem lalu lintas, saat ini dengan sangat senang hati kami mengumumkan bahwa kami telah mengakuisisi Waze. Platfrom yang tumbuh pesat ini diharapkan bekerja sama untuk menemukan rute terbaik dari rumah menuju tempat bekerja setiap hari," tulis Google.

Beberapa fitur update lalu lintas Waze itu dapat meningkatkan pengalaman Google Maps, juga menambah kemampuan pencarian Google.

Dampak terhadap Android

Aplikasi navigasi Waze itu juga diperkirakan berdampak besar bagi pengguna Android. Cnet melansir, aplikasi itu dapat meningkatkan penggunaan aplikasi bagi komuter baik di jalanan, sepeda, bis atau saat di mobil.

Waze memiliki fitur terbaik, yaitu notifikasi real-time yang menjadi pentunjuk soal kecelakaan, puing di jalanan, lubang atau kontruksi jalan, sampai informasi acara tertentu sepanjang rute perjalanan pengguna.

Dengan demikian, perjalanan pengguna bisa jadi semakin efisien, bisa menempuh rute alternatif dan bisa segera sampai tempat tujuan dengan nyaman.

Uniknya, Google dapat menggunakan layanan Waze untuk memberikan informasi update harga BBM.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Waze, perusahaan navigasi untuk ponsel pintar.

Tampilan aplikasi Waze pada iPhone.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

Google Now

Untuk layanan ini, peringatan Waze dapat memberikan notifikasi waktu yang tepat kapan Anda pergi dari suatu tempat, setelah melihat update lalu lintas juga informasi cuaca.

Saat mengemudi, pengguna Android juga bisa memanfaatkan layanan Waze.

Waze bekerja secara pasif mengukur GPS pengemudi, kecepatan, dan rute. Sementara secara aktif dapat ditampilkan saat pengguna membutuhkan.

Dalam mode ini, Waze yang terpadu dengan pemetaan Android berfungsi tak hanya memperingatkan permukaan jalan, tetapi secara dinamis mengubah rute.

Untuk tidak mengganggu aktivitas mengemudi, Waze juga dilengkapi fitur Google Voice Search. Jadi, pengguna bisa melakukan pencarian suatu tempat, lokasi, atau informasi tertentu cukup dengan suara.

Layanan ini juga berguna untuk berbagi informasi terkait kecepatan, kecelakaan atau keadaan bahaya, dengan integrasi dengan Google+.

Berikut video ilustrasi tentang Waze, yang diunggah Waze via YouTube:

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online
Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024