Iran Berhasil Ciptakan 3 Obat Baru

Obat-obatan
Sumber :

VIVAnews - Menteri Sains, Riset, dan Teknologi Iran, Kamran Daneshjou, mengumumkan telah menciptakan tiga obat baru yang diproduksi oleh ilmuwan Iran di Universitas Razi, Provinsi Kermanshah Barat. Tiga obat itu bernama Minoxidil, Monte Lucas, dan Sodium Thiopental, demikian dilansir Iran Radio Culture, 12 Juni 2013.

Fungsi obat itu masing-masing untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi), asma kronis, dan obat anastesi (pembiusan) pada kejang-kejang. Saat ini, obat-obat itu dilaporkan sudah diimpor ke negara-negara lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah mengalami kemajuan penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang kedokteran dan obat-obatan. Bulan April lalu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyatakan negaranya telah meluncurkan lima obat radiomedicines baru.

Radiomedicines dikembangkan dan diproduksi oleh para ahli di Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) bekerja sama dengan kantor kepresidenan untuk bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Lima obat radiomedicines ini telah memainkan peran sentral untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit refraktori, khususnya pada kanker," kata Nasrin Soltankhah, Wakil Presiden Iran Bidang Sains dan Teknologi.

Sementara Kepala AEOI, Fereidoun Abbasi, mengumumkan bahwa Iran telah menciptakan delapan radiomedicines baru yang digunakan untuk mendiagnosis, mencegah, dan mengobati sejumlah penyakit.

"Obat-obat itu masih dalam tahap verifikasi klinis untuk mendapatkan perizinan dari Departemen Kesehatan sebelum diluncurkan ke pasaran," kata Abbasi. (kd)

Tolak Pengesahan UU DKJ, PKS Bilang Gedung DPR Belum Dibangun di IKN
Pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta.

Ganjil Genap Tidak Berlaku saat Hari Wafat Yesus Kristus Jumat Besok

Dinas Perhubungan DKI Jakarta meniadakan sistem ganjil genap bagi kendaraan bermotor saat libur nasional memperingati hari wafatnya Yesus Kristus yang jatuh pada Jumat, 2

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024