Colossus, Teleskop Raksasa Pendeteksi Alien

UDFj-39546284, galaksi tertua dan terjauh yang ditemukan teleskop Hubble
Sumber :
  • NASA
VIVAnews - Astronom meyakini teleskop raksasa, Colossus, bisa menjadi terobosan baru dalam upaya mencari kehidupan di luar bumi. Teleskop itu akan menangkap panas yang dihasilkan oleh kehidupan luar bumi. 
Pemudik Asal Lumbuk Linggau Meninggal Dunia Diduga Kelelahan di Perjalanan

Dilansir Dailymail, Selasa 11 Juni 2013, Colossus berukuran 259 kaki dan aperture-nya (bukaan lensa) dua kali lebih baik dibandingkan lensa teleskop yang sudah ada.
4 Wakil Indonesia Hadapi Lawan Tangguh di Perempat Final BAC 2024 Hari Ini

Ilmuwan yang terlibat dalam proyek yang didanai secara swasta itu berharap Colossus mampu menangkap wilayah atau tanda-tanda lain dari kehidupan makhluk asing di planet yang berjarak hingga 70 tahun cahaya dari Bumi.
Hubungan Makin Serius, Ayah Ayu Ting Ting Beri Doa Terbaik untuk Calon Mantu yang Dinas di Papua

Colossus diperkirakan menghabiskan dana US$ 1 miliar, setara Rp9,8 triliun, dan akan dibuat oleh Konsorsium Colossus di Baja California, Meksiko, wilayah dekat National University of Mexico, Ensenada,yang merupakan mitra dalam proyek itu.

Jika rencana dan dukungan dana berjalan lancar, teleskop super ini tidak lama lagi bisa difungsikan.
 
"Jika ada investor, kita bisa memiliki teleskop ini dalam waktu lima tahun," kata Jeff Kuhn, tim perancang Colossus yang juga astronom University of Hawaii Institute for Astronomy.

Agar bisa menekan biaya, teleskop akan menggunakan teknologi cermin tipis.
 
Panas jadi kunci

Kuhn menambahkan teleskop itu bisa mendeteksi panas lokal yang akan menandai kehidupan di luar bumi. Cara ini seperti mendeteksi energi yang dilepaskan di daerah perkotaan di Bumi.

"Asumsi yang kami buat yaitu peradaban kehidupan luar bumi akan mengumpulkan panas. Itu memang tidak akan secara seragam didistribusikan kehidupan di luar bumi," Kuhn menjelaskan.

Astronom sejauh ini belum pernah mendapati adanya tanda-tanda pasti kehidupan asing di luar angkasa meski pencarian telah dilakukan beberapa dekade.

Astronom umumnya telah mendengar adanya sinyal yang dikirimkan oleh kehidupan di luar bumi. Namun hal itu masih sangat tergantung pada kemampuan manusia dalam menafsirkannya.

Fisikawan Stephen Hawking juga telah memperingatkan tentang potensi adanya kehidupan di luar bumi yang berpotensi memusuhi manusia. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya