TEKNOLOGI

VIDEO: Ikan Langka Raksasa Tertangkap Kamera

Jenis Oarfish atau ikan pita, diperkirakan memiliki panjang 50 meter.

ddd
Selasa, 11 Juni 2013, 17:06
Oarfish
Oarfish (dailyonigiri.com)
VIVAnews - Oarfish, atau populer dengan sebutan ikan pita, adalah mahluk terpanjang di lautan. Ikan itu masuk dalam kategori langka dan jarang terlihat.

Makhluk langka ini memiliki ciri tubuh perak berkilauan dan berwarna merah atau oranye. Biasanya hidup di kedalaman 3.000 kaki, setara 914 meter, di bawah permukaan laut.

Menurut Daily Mail, 11 Juni 2013, peneliti dari Louisiana State University, Amerika Serikat, berhasil menangkap gambar makhluk laut misterius itu di lepas pantai Teluk Meksiko.

Para peneliti biologi kelautan itu menggunakan kamera yang diletakkan di kapal selam, yang dioperasikan dari jarak jauh untuk mengintai ikan pita dari tahun 2008 sampai 2011 di kedalaman 999 meter di bawah permukaan laut.

Dari hasil tangkapan kamera pengintai, makhluk langka misterius itu diperkirakan memiliki panjang hampir 50 meter dan berat 272 kilogram.

Mengingat ikan pita jarang ditemukan dalam keadaan hidup, maka hanya sedikit informasi yang bisa didapatkan dari ikan langka itu.

Dari hasil tangkapan kamera video terungkap, Oarfish berenang dengan menggunakan sirip di atas badannya. Siripnya terus bergerak secara bergelombang untuk menggerakkan badannya, sehingga ketika berenang kepala dan ekor Oarfish tetap dalam posisi statis.


Sebelumnya, pada Oktober 2012, Oarfish pernah terdampar di Pantai Hacienda di Cabo San Lucas, Meksiko. Ukurannya sepanjang sepanjang 20 kaki, atau 6,09 meter.

Badan Perikanan Laut Meksiko (National Marine Fisheries Service/NMSF) mengatakan, kemunculan Oarfish jarang terjadi. Ia diduga sedang sakit atau terluka sehingga muncul ke permukaan, hingga akhirnya terdampar di pantai.

Sayang, ikan itu tidak sempat diteliti sampelnya oleh para peneliti. Petugas pantai dengan cepat mendorong ikan itu ke laut sampai dua mil agar tetap hidup.

Berikut video yang yang berhasil ditangkap peneliti dari Lousiana State University, AS:


Berita lainnya:











© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
may.s.pujianto
12/06/2013
Menurut saya bukan editan. Nih kan Ilmu Pengetahuan, dan sudah Internasional levelnya,,, buat apa diedit....hehe. its O R I G I N A L bro...:)
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id