Nextdoor, Jejaring Sosial yang Bikin Akrab dengan Tetangga

Nextdoor, jejaring sosial privat untuk lebih akrab dengan tetangga
Sumber :
  • venturebeat.com
VIVAnews -
Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
Coba sejenak Anda renungkan, saat ini mungkin Anda lebih dekat dengan teman jejaring sosial di dunia maya ketimbang tetangga Anda.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Sementara Facebook maupun Twitter menjadi dunia baru untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia.
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi


Menyadari hal ini, muncul jejaring sosial berbasis tetangga, Nextdoor, seperti dilansir
Metro.co.uk,
Jumat 31 Mei 2013.


Jejaring sosial berbasis di San Francisco, AS sebenarnya sudah diluncurkan sejak Oktober 2011 silam. Cita-citanya adalah mendekatkan kembali, menghangatkan interaksi Anda dengan tetangga meski melalui jejaring sosial.


Dan, responsnya lumayan. Pada tahun pertama, layanan ini sudah tersebar pada 176 lingkungan yang berbeda di 26 negara bagian. Sedangkan, saat ini sudah ada 13 ribu lingkungan terdaftar di 50 negara bagian AS.


Berbagi Informasi


Masyarakat AS menggunakan Nextdoor untuk berbagi informasi soal gangguan lalu lintas sekitar lingkungan tempat tinggal, rekomendasi pengasuh bayi, layanan dokter terbaik, sampai laporan aktivitas kriminal.


"Facebook, LinkedIn, Twitter - merupakan situs yang menakjubkan, dan mereka melakukan hal-hal menakjubkan, tapi teknologi itu digunakan untuk menghubungkan orang-orang yang secara geografis jauh," kata pendiri sekaligus Chief Executive Nextdoor, Nirav Tolia.


"Sampai akhirnya kami menemukann sebuah ide yang bisa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Kita menikmati pengalaman tumbuh dewasa dan dekat dengan lingkungan, tapi saat dewasa kita merasa seperti telah kehilangan kontak dengan masyarakat," ujarnya, menjelaskan asal muasal ide Nextdoor.



Tampilan aplikasi Nextdoor: seorang pengguna mencari babysitter yang bersedia kerja malam hari mulai pukul 4 sore-10 malam.


Untuk terdaftar dalam layanan ini, pengguna harus masuk ke situs jejaring itu, memasukkan alamat rumah lalu kemudian menunggu kartu pos untuk kode registrasi. Verifikasi alamat juga bisa dilakukan melalui telepon.

Koneksi dalam satu akun dibolehkan hingga 700 orang. Dan, kini trafik pengiriman pesan antarpengguna Nextdoor mencapai satu juta pesan tiap hari.

Manfaat lain, yaitu bisa menginformasikan kepada tetangga tentang kejadian darurat.

"Sejak diluncurkan, setiap bencana alam, orang telah menggunakan Nextdoor untuk memperingatkan sesuatu sebelum peristiwa terjadi," kata Tolia.

Nextdoor telah digunakan untuk memberitahu kondisi terkini tetangga, misalnya sesaat setelah badai tornado di Oklohama, kebakaran hutan di California dan pengeboman di Boston.

Manfaat lain juga digunakan oleh polisi untuk memantau wilayah di beberapa wilayah di AS.

Kopi Darat

Survei menunjukkan hanya 29 persen warga AS yang mengetahui tetangga mereka, dan 28 persen tidak mengetahui nama tetangga mereka. Fakta lain, 3,5 juta warga Inggris tidak pernah bertemu dengan tetangga dekat rumah.

"Kami ingin mereka menggunakan layanan kami untuk mengenal tetangga mereka, kemudian saling bertemu di dunia nyata (kopi darat)," ujar Tolia.

Bisa jadi layanan ini sangat bermanfaat dengan karakter latar belakang budaya di AS. Nah, dengan latar belakang budaya berbeda, apakah jejaring sosial ini akan meledak di Indonesia? (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya