Besok, Asteroid Sebesar 9 Kali Kapal Pesiar Dekati Bumi

Ilustrasi asteroid sedang menuju ke Bumi
  • digitaltrends.com
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Sebuah asteroid, yang besarnya ditaksir sembilan kali kapal pesiar, akan mencapai jarak terdekat dengan bumi pada 31 Mei 2013, tepatnya pada pukul 13:59 waktu Amerika Serikat. Asteroid itu bernama 1998 QE2.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Jarak terdekat asteroid itu dengan Bumi sekitar 5,8 juta kilometer, atau setara 15 kali jarak antara Bumi dan Bulan, seperti dilansir
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Space Daily , 30 Mei 2013.

Asteroid 1998 QE2 sangat mudah dilacak dan dilihat oleh para astronom. Di Amerika Serikat banyak planetarium yang menawarkan fasilitas untuk melihat bentuk dari asteroid besar itu.

Misalnya, Planetarium Chabot Space & Science Center, para astronomnya menggunakan teleskop Nellie untuk mendeteksi kehadiran Asteroid 1998 QE2.

Direncanakan para astronom dari Chabot Space & Science Center akan mulai melakukan pemantauan sejak matahari terbenam pada 30 Mei 2013. Diperkirakan pada Jumat pagi asteroid itu berada 30 derajat di atas cakrawala di langit selatan dan 7 derajat di bawah planet Saturnus.

Sementara astronom dari Plenatarium East Bay Astronomical Society juga telah mengeluarkan teleskop terbaiknya untuk memantau pergerakan Asteroid 1998 QE2. Para masyarakat yang tertarik dengan kedatangan asteroid itu dipersilahkan untuk datang.

Menurut Alexander Zwissler, CEO dan Direktur Eksekutif Chabot Space & Science Center, misi pemantauan ini merupakan salah satu program memperkenalkan dunia astronomi kepada masyarakat.

"Pemantauan Asteroid 1998 QE2 akan kami siarkan secara
real time
, sehingga masyarakat akan tahu bagaimana bentuk dari asteroid itu," kata Zwissler.

Tak Berbahaya

Meskipun ukuran Asteroid 1998 QE2 sangat besar, tapi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan bahwa asteroid itu tidak berbahaya bagi Bumi.

NASA mengatakan, Asteroid 1998 QE2 akan menjadi objek menarik bagi para astronom. Saat ini ilmuwan-ilmuwan NASA sangat tertarik mempelajari karakter dari asteroid 1998 QE2.

Program Observasi Obyek Dekat Bumi di Laboratorium Jet Propulsion NASA, di Pasadena, California, AS, sudah siap melakukan pemantauan. Tujuannya untuk mengambil gambar beresolusi tinggi yang dapat mengungkapkan bentuk detail dari permukaan Asteroid 1998 QE2. (eh)