TEKNOLOGI

Ada Kadal di Planet Mars?

Klaim itu mengundang dugaan apakah NASA merahasiakan hasil risetnya
Kamis, 30 Mei 2013
Oleh : Renne R.A Kawilarang, Tommy Adi Wibowo
Jejak kendaraan robot Curiosity di Planet Mars
VIVAnews - Seorang blogger sains mengaku telah melihat kadal di permukaan planet Mars. Klaimnya itu berdasarkan foto yang diambil oleh kendaraan robotik atau rover Curiosity pada bulan Maret 2013.

Pengakuan blogger itu telah memicu teori konspirasi yang menyatakan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menutup-nutupi pengujian ilmiah mengenai kehidupan di Planet Merah itu.

Menurut harian Daily Mail, 29 Mei 2013, makhluk hidup yang berhasil tertangkap kamera itu lebih menyerupai kadal padang pasir dari pada tikus.

"Makhluk aneh itu berhasil dilihat pertama kali oleh orang Jepang pada bulan Maret silam," tulis Scott C. Waring, di laman spesialis UFO Sightings Daily.

"Kadal padang pasir lebih mungkin hidup di planet Mars yang terkenal dengan kandungan airnya yang sedikit. Hewan itu pasti sedang berkeliaran di permukaan Mars," lanjut Waring, dalam tulisannya.

Warning pun mengungkapkan, NASA sepertinya telah membuat ruang kecil di kendaraan rover Curiosity untuk melalukan tes kehidupan di Mars.

"Saya mengundang pembaca untuk menuliskan komentar mengenai gambar yang mirip kadal di permukaan Mars. Apakah betul atau tidak?," ujar Waring.

Bantahan

Pengakuan dari Waring mendapat bantahan dari laman berita San Francisco Chronicle. Laman itu mengatakan, berdasarkan foto asli dari NASA, objek yang muncul itu adalah batu.

"Tapi, di situs yang dimiliki oleh Waring, objek itu berubah dan muncul bentuk kaki dan ekor," tulis laman itu. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER