Terjawab, Mammoth Punah karena Meteor Raksasa

Fosil tulang mammoth ditemukan di Meksiko
Sumber :
  • REUTERS/ Mario Armas
VIVAnews -
Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB
Tim peneliti dari Amerika Serikat mengumumkan temuan terbaru tentang penyebab kepunahan dari binatang raksasa mammoth pada zaman dahulu. Menurut mereka, kepunahan mammoth disebabkan oleh tabrakan meteor besar di Bumi.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Temuan terbaru ini merevisi penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa mammoth punah akibat perburuan yang dilakukan manusia prasejarah.

Diperkirakan sekitar 12.800 tahun lalu, sebuah meteor besar menghantam Bumi dan menghasilkan gas beracun di udara, seperti dilansir Softpedia, 23 Mei 2013.

Gas yang berjumlah besar itu diduga menghalangi sinar matahari yang masuk ke Bumi, sehingga menyebabkan temperatur Bumi menurun drastis.

Temperatur suhu Bumi yang merosot menyebabkan mammoth tidak lagi mampu bertahan hidup.

Menurut Profesor Kenneth Tankersley, antropolog sekaligus geolog di University of Cincinnati, AS, meteor yang masuk ke atmosfer Bumi itu terpecah menjadi 10 juta ton fragmen api beracun yang berhamburan di atas langit empat benua.

"Penelitian ini merevisi penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa manusia prasejarah yang menjadi penyebab mammoth mengalami kepunahan," kata Tankersley.

Penelitian ini menegaskan, meteor bertanggung jawab atas kepunahan mammoth. Temuan terbaru ini berdasarkan hasil penelitian yang mempelajari beberapa fragmen meteor yang sudah terbakar di sejumlah benua di Bumi.

"Serangan meteor itu mengakibatkan terjadi perubahan iklim secara cepat. Perubahan iklim di seluruh dunia menyebabkan kepunahan massal makhluk-makhluk di Bumi, tak hanya mammoth," ungkap Tankersley.

Hasil dari penelitian telah diterbitkan di Jurnal Proceeding of National Academy of Sciences. (ren)

Balita mengendarai sepeda motor

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang anak dibawah umur sedang mengendarai sepeda motor .

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024