TEKNOLOGI

FOTO: Fenomena Langka, Pelangi di Sekeliling Matahari

Dikenal juga dengan istilah halo matahari (Sun Halo).
Kamis, 16 Mei 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo
Halo Matahari
VIVAnews - Fenomena menakjubkan terjadi di langit kota New York, Amerika Serikat. Masyarakat di sana baru-baru ini berkesempatan untuk menyaksikan cahaya pelangi di sekeliling matahari.

Laman Petapixel melaporkan, 16 Mei 2013, seorang fotografer lokal, Richard Silver, berhasil mengambil gambar fenomena langka pelangi halo matahari di langit New York.

Sebelumnya, banyak yang beranggapan bahwa cahaya di sekeliling matahari itu adalah seperti matahari yang mau meledak, karena beberapa hari lalu ada kabar telah terjadi ledakan di matahari.

Namun, isu itu meluap karena fenomena itu merupakan halo matahari, yaitu fenomena optik berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari, bulan, dan sumber cahaya lain, seperti lampu-lampu jalan.

Berikut foto-foto yang berhasil diambil oleh Richard:











Bagi yang berkecimpung di dunia meteorologi, fenomena itu cukup akrab dengan sebutan matahari halo. Kemunculannya disebabkan oleh adanya kristal es di awan. Matahari membiasakan kristal es pada suhu 22 derajat, sehingga menyebabkan sebuah efek cahaya.

"Ini fenomena yang tidak biasa. Anda tidak akan bisa melihat kejadian ini setiap hari," kata salah satu pejabat di National Weather Service, AS.

Menurut laman Wikipedia, halo matahari biasa terjadi pada cuaca yang sangat dingin, sehingga kristal es di awan bisa memantulkan cahaya.

Sebelum ilmu meteorologi dikembangkan, fenomena matahari halo biasa digunakan sebagai sarana untuk prakiraan cuaca. Fenomena optik lain yang disebabkan oleh kristal es di angkasa adalah pelangi.
TERKAIT
TERPOPULER