BPPT: e-KTP Indonesia Lebih Canggih dari Malaysia

E-KTP
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVAnews - Indonesia baru saja melakukan pemutakhiran teknologi di data penduduknya. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang konvensial mulai diganti oleh KTP elektronik (e-KTP), yang sudah ditanamkan chip di dalamnya. Chip itu memuat data-data personal tiap penduduk.

Menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), blanko e-KTP berbentuk kartu pintar atau smart card. Blanko ini terdiri dari tujuh lapis yang berbahan dasar Polyethylene Terephthalate Gly (PET-G) yang berukuran 85,60 x 53,98 milimeter dan ketebalan antara 0,76 sampai 1 milimeter. Relatif sangat tipis.

Pada lapisan tengah e-KTP, terdapat sebuah chip atau kartu pintar berbasis mikroprosesor yang bisa menampung 8 KiloBytes (KB) data. Meski kecil, data itu cukup untuk menyimpan biodata, tanda tangan, pas foto, dan dua sidik jari.

Menurut Gembong S Wibowanto, Kepala Program Penelitian dan Perekayasa e-KTP dari BPPT, e-KTP sudah memiliki tiga fitur keamanan untuk mengidentifikasi pemiliknya, serta fitur daya tahan terhadap tekanan, temperatur panas dan dingin, bahan kimia tertentu, dan lainnya.

"Teknologi biometrik juga diterapkan di e-KTP. Fungsinya untuk mengidetifikasi ketunggalan identitas penduduk dari hasil rekaman data penduduk, yang ada di data center e-KTP Kementerian Dalam Negeri," kata Gembong, saat dijumpai di kantor BPPT.

Ke depan, teknologi e-KTP akan diperbaharui untuk mengoptimalisasi layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik secara elektronik.

"Nantinya, teknologi kartu pintar pada e-KTP memiliki multifungsi, seperti dapat digunakan untuk Jaminan Kesejahteraan Sosial, kartu subsidi BBM, Kartu Bantuan Langsung Tunai, Kartu Debet, dan fungsi-fungsi lainnya," ujar Gembong.

Teknologi Contactless

Teknologi e-KTP milik Indonesia juga tidak kalah dengan negara-negara lain. Menurut Mohammad Mustafa Sarinanto, Kepala Bidang Sistem Elektronika BPPT, sistem e-KTP Indonesia sudah menggunakan contactless dalam hal perekaman atau pembacaan via card reader.

"Artinya, cukup meletakkan e-KTP di card reader agar terbaca chipnya. Sementara milik Malaysia tidak menggunakan teknologi contactless dan harus dimasukkan ke card reader dahulu, seperti kartu ATM," ujar Mustafa.

Namun begitu, dia menambahkan, untuk masalah kecanggihan e-KTP tidak bisa dibanding-bandingkan dengan negara lain. Semua disesuaikan dengan kebutuhan dan berdasarkan teknologi terbaru.

"Malaysia tidak menggunakan teknologi contacless, karena pada saat itu belum ada teknologi itu. Jika mereka ingin menggunakan teknologi contactless biayanya sangat malah, karena perlu mengubah infrastruktur," kata Mustafa. (eh)

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran
Ilustrasi diler mobil Toyota

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Sebuah platform online, PT Astra Auto Digital atau SEVA siap memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemukan mobil baru pilihan mereka dengan harga yang bisa disesua

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024