FOTO: Anak Gajah Meratapi Kematian Induknya

Seekor anak gajah melindungi jasad induknya dari singa dan hyena
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAnews -
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Ketika seseorang ditinggal pergi oleh orangtua untuk selamanya pasti akan menyisakan duka yang sangat hebat. Tak hanya terjadi pada manusia, hewan pun bisa mengalami rasa yang sama.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Seorang fotografer alam liar, Sarah Skinner, 38 tahun, berhasil menangkap sebuah gambar mengharukan di Taman Nasional Masai Mara di Kenya, Afrika.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui


Dari hasil tangkap lensa kameranya, dilansir
Daily Mail,
3 Mei 2013, terlihat seekor anak gajah berdiri di sisi ibunya yang telah mati. Tak diketahui apa penyebab induk gajah itu mati.


Di dalam gambar, anak gajah itu tampak sedang menyentuh tubuh ibunya dengan kaki dan belalai sambil mengharap respons. Namun, sayang, ibunya bergeming. Sang anak tidak tahu bahwa ibunya telah pergi.


"Ini adalah peristiwa yang sangat menyayat hati. Melihat anak gajah berdiri di sisi ibunya yang sudah mati, dan terus mencoba membangunkannya," kata Skinner.


Anak gajah itu tampak menerima kematian ibunya, namun tetap menolak pergi meski ditinggal pergi kawanannya. "Selama berjam-jam anak gajah berdiri di samping ibunya, dan matanya terus terpaku ke tubuh ibunya," kata Skinner mengisahkan.





Mulanya, kawanan gajah berdiri melingkari gajah yang mati. Memandanginya sejenak, kemudian satu per satu pergi meninggalkan. Kejadian ini mirip seperti yang terjadi pada manusia. Para gajah seperti sedang melakukan prosesi penghormatan terakhir.


Anak gajah menunjukkan sikap berbakti pada orang tua. Walaupun di tinggal kawanannya pergi, anak gajah itu tetap di situ, menjaga jasad induknya agar tidak disantap binatang lain.


"Saat beranjak malam, gerombolan singa dan hyena datang, berniat memakan bangkai gajah. Namun, anaknya tetap di situ, melindungi jasad ibunya semalaman," kata Skinner. "Ini adalah adegan paling emosional yang tak akan pernah saya lupa."


Berikut cuplikan video yang berhasil ditangkap Skinner:



Ini bukan kali pertama. di Gunung Rara, Sabah, Malaysia, seekor anak gajah juga berusaha memanggil dan membangunkan sang induk yang terkapar mati. Menyentuh, mengharukan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya