Tata Ulang Kanal 3G, Axis Tak Dapat Kompensasi

Tifatul Sembiring, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus mantan presiden PKS, saat berkunjung ke kantor redaksi VIVAnews.com
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"
Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menjamin pemasangan filter pada kedua BTS di frekuensi 3G kanal 12 milik CDMA Smart Telecom, merupakan konsekuensi yang harus dilakukan.

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

"Itu kewajiban bersama untuk membersihkan. Gangguan itu bukan di blok 11 dan 12 saja, tapi juga sampai ke tengah (blok 1-10)," kata Tifatul usai
Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta
Breakfast Meeting dengan industri penyiaran di Kemkominfo, Senin, 29 April 2013.


Menteri yang suka berpantun ini memastikan tidak ada kompensasi tertentu bagi operator seluler, Axis, yang ditempatkan pada kanal 11 dan 12, sesuai rencana tata kanal.


"Tidak ada kompensasi. BTS yang terganggu itu kan yang berdekatan saja, sekitar 10-13 BTS, dan tak perlu biaya besar," tambah Tifatul.


Ia pun meminta segera dilakukan pengukuran kembali BTS yang terganggu agar segera bisa dilakukan tata ulang kanal 3G.


Kemenkominfo juga mengaku sudah intensif membahas isu gangguan kanal 12 dengan Axis. Tifatul mengatakan, keputusan menteri soal tata kanal 3G segera diteken minggu ini, dan kini tinggal penataan ulang kanal 3G.


"Kami beri waktu enam bulan untuk perbaikan
speed
maupun mutu layanan operator," katanya.


Tifatul menambahkan pemasangan filter itu juga tidak akan menurunkan standar pelayanan telekomunikasi. "Secara teknis ini bisa diperbaiki," ujarnya.


, Axis mengeluh lantaran akan dipindahkan ke kanal 11 dan 12, yang mendapat
interference
(gangguan) dari keberadaan kanal CDMA milik Smart Telecom.


Usulan tata ulang kanal 3G yaitu blok 1 dan 2 milik Hutchison 3, blok 3,4 dan 5 milik Telkomsel, blok 6 dan 7 milik Indosat, blok 8,9 dan 10 milik XL Axiata, serta blok 11 dan 12 untuk Axis. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya