Selamat Ulang Tahun, iTunes

Tampilan iTunes
Sumber :
  • sillydog.org
VIVAnews -
Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024
Tak terasa platform player musik kesohor besutan Apple, iTunes, akan menginjak usianya yang ke 10 tahun. Kendati hari ulang tahunnya baru akan jatuh dalam dua hari lagi, sejumlah penggandrung produk Apple di dunia telah ramai merayakannya di jagat maya.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Ya, tinggal hitungan hari, iTunes akan berumur 10 tahun. Sejak diluncurkan pertama kali pada 28 April 2003, platform itu segera memasuki usia satu dekade.
PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini


Apple pun merasa perlu merayakan satu dekade iTunes. Mulai hari Rabu kemarin,
Los Angeles Times
melansir, 25 April 2013, perusahaan asal Cupertino-California itu merilis fitur baru di platform pemutar musiknya.


Mengambil tajuk
'A Decade of iTunes',
Apple menceritakan sejarah iTunes dari tahun ke tahun, misalnya lagu terpopuler dan paling banyak diunduh.


Selain itu, para pengguna iTunes juga dapat melihat perubahan desain produk Apple dari masa ke masa, mulai dari iPod, iPhone, hingga iPad.



'A Decade of iTunes'. (LA Times)

"Alasan Apple menciptakan iTunes Store pada tahun 2003, karena kami percaya pengguna ingin memiliki cara yang mudah dan legal untuk mengunduh musik dari Internet," kata Eddy Cue, pengawas eksekutif iTunes.


Dia mengaku, Apple begitu terpana ketika pelanggannya membeli satu juta lagu hanya dalam waktu satu minggu sejak diluncurkan secara perdana.


"Dan sekarang, 10 tahun kemudian, kami terus kagum dengan pelanggan setia iTunes Store yang sudah membeli lebih dari 25 miliar lagu," ujar Eddy.


Dari fitur
'A Decade of iTunes',
ada beberapa fakta yang mencuri perhatian. Pada awal peluncurannya, iTunes hanya memiliki 200.000 lagu. Lagu terlaris ketika itu adalah Stuck in a Moment dari U2. Sementara album terlaris adalah Sea Change dari Beck.


Selain itu, fakta menarik lain di fitur ini adalah iTunes menambah koleksi album The Beatles pada November tahun 2010, Apple merilis iPod edisi khusus U2 dengan warna hitam dan merah pada Oktober 2004, dan App Store telah memiliki 500 aplikasi pada tahun 2008.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya