Pemerintah Jamin N-219 PTDI Proyek Prioritas

N219
Sumber :
  • www.bppt.go.id

VIVAnews - Kementerian Perindustrian mendukung penuh pembuatan prototipe pesawat N-219 yang saat ini sedang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia. Pesawat tersebut diharapkan dapat merajai pasar pesawat di dalam negeri.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 24 April 2013 mengatakan, "N-219 sekarang secara berkelanjutan sedang dikembangkan dan diproduksi oleh PT DI".

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Dia menjelaskan, anggaran akan diajukan kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung perkembangan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang tersebut. Nantinya, pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mengajukan anggaran dan menyalurkan dana pengembangan N-219 kepada PTDI.

Seperti diketahui, pengembangan pesawat N-219 masuk dalam prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2014. Empat prototipe pesawat tersebut akan dibuat tahun depan.

Draf rancangan awal RKP dan rincian pagu indikatif 2014 telah dikeluarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. 

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini


Bersahaja. Bahkan boleh dibilang sangat  sederhana. Direktur utama perusahaan itu, Budi Santoso, kepada VIVAnews menyebutkan, "Ini adalah yang termurah. Tapi, ada segmen pasarnya.”

Hidayat menambahkan, di tengah berkembangnya industri penerbangan, perusahaan pelat merah itu diminta memperkuat kinerjanya. Upaya ini dilakukan agar mampu bersaing dengan produsen pesawat yang sudah memiliki nama di pasar internasional.

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Dia mengungkapkan, saat ini, PT DI sedang kebanjiran order pesawat dari luar negeri. Pemerintah akan terus mendorong industri penerbangan dalam negeri untuk bangkit dari tidurnya. "Sehingga, besarnya pasar di Indonesia dapat dinikmati pelaku usaha dalam negeri," tuturnya. (art)

Baca juga:

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024