TEKNOLOGI

Sistem Potong Pulsa Tumbuhkan Aplikasi Nokia

Transaksi bisa naik 200-300 persen dibanding kartu kredit.

ddd
Rabu, 24 April 2013, 11:00
Ponsel Nokia Asha yang dibundel dengan Telkomsel
Ponsel Nokia Asha yang dibundel dengan Telkomsel  
VIVAnews - Produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, mengaku dukungan infrastruktur ekosistem aplikasi, yakni sistem pemotongan pulsa, berhasil mendorong pertumbuhan transaksi game pengembangan Nokia.

Dalam acara peluncuran game besutan pengembang Nokia di Jakarta, Rabu 24 April 2013, Developer Manager Ecosystem and Development Experience Nokia Indonesia, Narendra Wicaksono, mengatakan, game berkualitas dan pasar yang besar butuh dukungan infrastuktur agar tetap bertumbuh.

"Dengan operator billing, transaksi aplikasi bisa naik 200-300 persen dibanding pembayaran dengan kartu kredit," kata Narendra.

Operator billing merupakan sistem pembayaran potong pulsa, sehingga pengguna dimudahkan dalam membeli sebuah aplikasi atau game. Ia menuturkan, hampir sebagian besar pengguna memanfaatkan model game In-Apps Purchase, yakni sekitar 80 persen.

"Model ini merupakan opsi pembayaran aplikasi dalam sebuah game, yang awalnya gratis," terang Narendra.

Selain sistem pembayaran yang lebih fleksibel, infrastruktur lain yang dibuat Nokia adalah memfasilitasi wadah kompetisi berjenjang Nokia VIP Developer, Nokia Premium Developer, dan Nokia Competition Developer. Wadah ini disesuaikan dengan kualitas aplikasi. Semakin baik kualitas, pengembang akan mendapatkan fasilitas lebih dari Nokia.

Misalnya, produk aplikasi ditampilkan pada halaman terdepan dari Nokia Store, mendapat prioritas dari proyek aplikasi brand tertentu dan lainnya.

"Akhirnya muncul game atau aplikasi yang berkualitas bagus, pengembangan yang matang, hingga bisa diunduh dan dibeli," tambahnya.

Narendra menyebutkan, ekosistem aplikasi Nokia itu membuat pengguna lebih mudah mendapatkan konten atau aplikasi yang berkualitas. "Cara ini kami sebut dengan creating engaging consumer," ujarnya.

Pengembang game Nokia asal Bandung, Own Game, misalnya, telah mencapai 2,3 juta unduh di seluruh dunia dengan sistem ekosistem Nokia. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com