TEKNOLOGI

Seperti Burung, Dinosaurus Juga Mengerami Telur

Apa buktinya? Simak hasil penelitian atas dinosaurus Troodon.
Selasa, 23 April 2013
Oleh : Muhammad Chandrataruna, Tommy Adi Wibowo
Peneliti dari University of Calgary Darla Zelenitsky dan cangkang telur dinosaurus
VIVAnews - Dinosaurus berkembang biak dengan cara bertelur. Tapi, para peneliti masih mempertanyakan, apakah pada saat dinosaurus bertelur mereka mengeraminya seperti burung atau mengubur telurnya seperti buaya.

Sebuah studi baru menemukan bahwa dinosaurus memiliki cara yang sama dengan burung saat mengerami telurnya, seperti dilansir Live Science, 23 April 2013.
 
Penelitian ini dilakukan pada dinosaurus Troodon, spesies pemakan daging yang memiliki ukuran tubuh sekitar delapan kaki, atau sekitar 2,4 meter.

Penelitian ini melihat dari keadaan pori-pori cangkang telur. Telur yang dikubur di dalam tanah cenderung memiliki banyak pori-pori, karena memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Sementara telur yang dieramkan mempunyai pori-pori yang lebih sedikit, karena lebih banyak terkena udara.

Penelitian yang dilakukan oleh Darla Zelenitsky dari University of Calgary, Kanada, dan David Varricchio dari Montana State University, AS, juga membandingkan fosil cangkang telur Troodon dengan cangkang telur buaya, cangkang telur burung yang mengubur setengah telurnya di tanah, juga cangkang telur burung yang hanya ditaruh di sangkar.

Kedua peneliti itu menemukan bahwa Troodon mengubur setengah telurnya di pasir atau lumpur. "Para dinosaurus dewasa masih tetap mengerami telur-telurnya," kata Varricchio.

"Selain itu, setengah telur memiliki banyak pori-pori dan setengah lainnya sedikit," Varricchio menambahkan.

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh Zelenitsky pada tahun 2008, menemukan bahwa dinosaurus jantan dan betina bergantian menjaga sarangnya saat mencari makan.

Studi yang sudah diterbitkan di Jurnal Nature ini juga menemukan embrio dinosaurus kecil menggoyang-goyangkan dan menendang cangkang telur sebelum menetas. (sj)
TERKAIT
    TERPOPULER