TEKNOLOGI

Stephen Hawking: Tuhan Bukan Pencipta Alam Semesta

Teori adalah cara tunggal yang bisa menjelaskan alam semesta terbentuk

ddd
Jum'at, 19 April 2013, 06:04
Stephen Hawking
Stephen Hawking (Reuters)

VIVAnews - Ilmuwan kondang, Stephen Hawking kembali melontarkan teori kontroversialnya. Ia menyebut Tuhan tidak ada hubungannya dengan penciptaan alam semesta.

Pernyataan itu dilontarkan Hawking saat memberikan kuliah umum berjudul "The Origin of the Universe" di California Institute of Technology, Amerika Serikat.

Saat memasuki ruangan auditorium, Hawking langsung menanyakan kepada para peserta yang datang. Mengapa kita di sini? Ia pun mengatakan, saat ini masih banyak orang yang merasa bahwa tuhan ada di balik penciptaan alam semesta. Tanpa meninjaunya dari sisi ilmu pengetahuan.

"Apakah tuhan lakukan sebelum menciptakan alam semesta? Dan Apakah Dia (tuhan) menyiapkan neraka untuk orang-orang yang menanyakan pertanyaan itu"," kata Hawking, dilansir NBC News, 18 April 2013.

Hawking pun menjelaskan perdebatan teologis tentang bagaimana alam semesta diciptakan. Ia pun memberikan penjelasan singkat Teori Steady State ciptaan Fred Hoyle dan Thomas Gold.

Teori itu menjelaskan bahwa tidak ada awal dan akhir dalam terbentuknya alam semesta, semua terbentuk secara bertahap. Namun, teori ini sudah mulai ditinggalkan, karena telah banyak ditemukan bukti-bukti baru mengenai terbentuknya alam semesta.

Dari sisi agama, Hawking juga berkisah. Dulu pada 1980, saat ia sedang menulis makalah tentang terbentuknya alam semesta, Paus Yohanes Paulus II pernah mengingatkannya agar tidak membahas penciptaan alam semesta secara ilmiah, karena itu sangat suci.

Namun, Hawking tetap melihat kalau teori adalah satu-satunya cara yang bisa menjelaskan bagaimana alam semesta terbentuk.

"Ini sesuai dengan M-Theory yang mengatakan bahwa alam semesta diciptakan dari sebuah ketiadaan. Semuanya bisa dijelaskan melalui ilmu pengetahuan," kata Hawking.

Diakhir kuliah umum, Hawking kembali mengeluarkan pernyataan mengerikan tentang alam semesta lainnya. Ia mengatakan, demi masa depan umat manusia, sebaiknya kita pergi ke luar angkasa.

"Saya merasa manusia tidak akan bertahan di bumi dalam 1.000 tahun lagi. Kita harus melarikan diri ke planet lain," kata Hawking.

Baca Juga:

Geger "Asmara Gila" Ibu RT dan Para ABG

Modus Ibu RT Cabuli 7 ABG: Pura-pura Minta Dipijit

Kata Ibu RT, Hubungan Intim dengan 7 ABG Atas Dasar Suka Sama Suka

VIDEO: Ini Lho Ibu RT yang Cabuli 7 ABG Kampung

VIDEO: Pengakuan ABG Korban Cabul si Ibu RT

Abanda Herman Ungkap Alasannya Jadi Mualaf

FBI Publikasikan Foto dan Video 2 Tersangka Bom Boston

Dikabarkan Meninggal, George Soros Masih Hidup




© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
yonyon
17/09/2013
Hawking benar Tuhan tidak ada, surga hanya mitos. ketika kita takut mati, pikiran kita akan memikirkan surga seolah-olah ada kehidupan lagi setelah mati. surga hanya hasil pikiran kita saja sesungguhnya tidak ada. Semua yang kita pikirkan berawal dari kit
Balas   • Laporkan
pius.sumaktoyo
01/09/2013
Prof Hawking sepertinya sedang membuka pintu kebenaran baru tentang jati diri manusia. Apakah menerima pendapat Hawking akan otomatis berarti menjadi atheis? Bagi saya, TIDAK. Suatu cerita. Seorang ibu yang tanpa direncana menemukan diri hamil lagi denga
Balas   • Laporkan
zizal2
21/04/2013
orang ini bener-bener cerdas,
Balas   • Laporkan
daffa.alfarisky
19/04/2013
WONG EDAN.....mikirnya sambil ngopi dong biar bermutu dikit...
Balas   • Laporkan
quitepeacefun
19/04/2013
ya mungkin betul juga tapi sebaaiknya jangan di gabungkan agama dan ilmu pengetahuan akan menimbulkan kontroversi! harusnya si bersukur dan memfaatkanya mungkin kalau tidak ada orang kafir seperti dia mungkin dunia masi jaman batu
Balas   • Laporkan
ichsan.indrasari
19/04/2013
la wong udah mau mati gitu kok ngomong gak pakai otak ...ilmuwan gak bermutu .. semoga Allah memberi Hidayah atau melaknatmu ..,.
Balas   • Laporkan
robocop
19/04/2013
Where knowledge ends, religion begins. Benjamin Disraeli
Balas   • Laporkan
robocop
19/04/2013
Kalau di Indonesia HAWKING pasti didemo dan dihujat habis2an sebab banyak yg fanatik agama di Indonesia.SULIT MEMBUKTIKAN TUHAN ITU ADA ATAU GAK, MAKANYA MASIH BANYAK ORANG YG TAK PERCAYA TUHAN. Hanya akan menjadi perdebatan yg panjang doank.
Balas   • Laporkan
robocop | 19/04/2013 | Laporkan
Where knowledge ends, religion begins. Benjamin Disraeli
manitou
19/04/2013
semua itu ada waktunya, yang dulu orang bilang mukjizat tuhan sekarang sudah tidak lagi... contohnya? body parts.. kedepannya manusia tidak perlu lagi kuatir kehilangan body parts yang ringkih karena bisa diganti dengan bionic counterparts.
Balas   • Laporkan
robocop
19/04/2013
Kalau di Indonesia HAWKIBNG pasti didemo dan dihujat habis2an sebab banyak yg fanatik agama di Indonesia.SULIT MEMBUKTIKAN TUHAN ITU ADA ATAU GAK, MAKANYA MASIH BANYAK ORANG YG TAK PERCAYA TUHAN. Hanya akan menjadi perdebatan yg panjang doank.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id