Ditemukan, 10.000 Benda Sisa Roman London

Replika peradaban Roman London di Museum of London, Inggris
Sumber :
  • wikipedia.com

VIVAnews - Setelah ditempa panas terik dan musim dingin di sebuah parit yang tergenang air selama berbulan-bulan, sejumlah arkeolog akhirnya menemukan lebih dari 10.000 objek sisa peradaban Roman London.

Roman London, atau Londonium, diketahui berkembang sekitar tahun 43 Masehi di London, Inggris. Peradaban ini dikenal sebagai pusat komersial utama milik Kekaisaran Romawi hingga abad kelima.

Dari puluhan ribu objek yang ditemukan, terdapat di antaranya tablet tulis, batu ambar, timah, koin, tengkorak sapi, ribuan keping tembikar atau periuk, sisa kulit yang empuk dan dijahit, dan objek-objek kecil lain.

"Kondisi air yang tergenang di aliran parit Wallbrook telah menutupi sisa bangunan kayu Romawi sampai berlapis-lapis," kata Sophie Jackson, arkeolog dari Museum of London Archaeology, dilansir Guardian, Rabu 10 April 2013.

"Pagar dan pekarangan, semuanya indah jika diawetkan, serta mengandung barang-barang pribadi unik dan luar biasa. Pakaian bahkan dokumen, semua hal yang bisa mengubah pemahaman kita tentang orang-orang Romawi di London," jelasnya.

Para arkeolog pun dibuat cukup takjub. Setelah merasakan kondisi kerja yang sangat melelahkan di dalam parit basah sedalam tujuh meter, peneliti akhirnya menemukan "harta karun" berupa kayu yang lestari, termasuk bangunan, pagar yang masih berdiri tegak setinggi bahu, dan sistem drainase di dalam komplek Romawi.

"Objek-objek berbahan kulit berukuran besar, tulang dan bahkan keranjang jerami, yang semuanya pasti hancur menjadi debu selama berabad-abad jika ditemukan di situs kering, di dalam sini semuanya berkeadaan utuh," ungkap Sophie.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Tim arkeolog tampak sedang mengeksplorasi situs Roman London, London. (BBC)

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Objek Unik

Objek yang paling membingungkan, menurut para arkeolog, adalah sisa bagian kulit, empuk, dan dijahit dengan motif mitos gladiator yang sedang bertempur. Peneliti memperkirakan sisa kulit itu bisa jadi berasal dari sebuah kereta. Namun, hanya menebak-nebak, karena belum ada bukti-bukti kereta ditemukan di sekitar situs.

Selain itu, kumpulan peneliti juga menemukan aksesori helm gladiator berwarna kuning, yang mungkin digunakan untuk pesona keberuntungan oleh gladiator yang sebenarnya di masa itu.

Ada juga ornamen pakaian kuda yang mengombinasikan dua simbol keberuntungan, tinju dan lingga, ditambah ornamen lain untuk membuat suara gemerincing saat kuda bergerak.

Tak kalah unik, terdapat satu set mangkuk dan cangkir berbahan dasar timah yang masih bagus, diduga sengaja dilemparkan ke dalam sumur yang dalam.

Situs di Great Queen Street berada di jantung kota Romawi, London. Kini, di sekitar situs itu sedang dibangun kembali markas baru untuk kantor berita Bloomberg, didesain oleh Lord Foster.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024