Terkuak, Misteri Melelehnya Es di Antartika

Beruang kutub di atas bongkahan es yang mencair
Sumber :
  • heatingoil.com
VIVAnews -
Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Lapisan es di Benua Antartika terus menipis dan mencapai rekor terendah pada tahun lalu. Selama ini, perubahan iklim dikambinghitamkan sebagai penyebab lautan es di Antatika mencair.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Tapi, kini tim peneliti berhasil menemukan jawaban atas terjadinya pemanasan global.
Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United


Selama ini, pendapat yang berkembang adalah bagian permukaan es di Antartika telah mencair. Namun, para peneliti percaya, es yang mencair bukan pada permukaannya, tetapi pada lapisan bawahnya, yang mana akan kembali membeku.


Tim peneliti dari Royal Netherlands Meteorological Institute mengatakan, Antartika merupakan sebuah benua yang dikelilingi oleh perairan terbuka, yang sangat memungkinkan es di laut terus ada selama musim dingin.


Studi yang sudah diterbitkan di Jurnal Nature Geoscience ini menyatakan, lautan es di Antartika akan terus meningkat meskipun terjadi pemanasan global.


"Hal itu disebabkan karena es hanya mencair pada lapisan bawah. Sementara pada lapisan atas akan terus bertambah, terutama pada musim dingin," kata Richard Bintanja, Peneliti dari Royal Netherlands Meteorological Institute, dilansir
BBC,
2 April 2013.


Para peneliti pun memprediksi fenomena berulang ini akan terus berlangsung.


Sementara menurut Paul Holland, peneliti dari British Antarctic Survey, mengatakan tentang temuannya pada tahun lalu. Angin yang bertiup kencang akan membuat es menjauh dari pantai, sehingga membuat es berada di lautan terbuka.


"Kondisi air laut yang dingin memungkinkan es akan kembali terbentuk. Terutama pada musim dingin," kata Holland. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya