Rekor Tercepat Astronot ke Luar Angkasa

Tangan astronot seakan menyentuh matahari
Sumber :
  • NASA|Space.com
VIVAnews - Tiga astronot telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional, setelah diterbangkan dari Kazakhstan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke stasiun luar angkasa itu ternyata lebih cepat dari waktu penerbangan yang pernah dilakukan. 

Biasanya perjalanan dari bumi ke stasiun luar angkasa memakan waktu sampai 45 jam. Namun, trio kosmonot yang terdiri dari Pavel Vinogradov dan Alexander Misurkin dari Rusia, serta Chris Cassidy dari Amerika Serikat, hanya memakan waktu 6 jam untuk sampai di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kondisi ini menunjukkan bahwa perjalanan dari bumi ke stasiun luar angkasa, memiliki waktu tempuh lebih cepat dari penerbangan  London ke New York. 

Menurut komentator televisi NASA, perjalanan kali ini bisa disebut sebagai "pengejaran ke luar angkasa". "Pesawat luar angkasa Soyuz TMA-08M telah mendapat perbaruan teknologi pendorong dan manuver," kata komentator tersebut, dilansir dari Telegraph.

Sementara menurut Vinogradov, kosmonot berpengalaman asal Rusia, sepertinya para pekerja penerbangan telah mengurangi bobot pesawat luar angkasa.

"Teknologi baru itu sangat berpengaruh dalam memangkas waktu tempuh pesawat luar angkasa untuk sampai ke stasiun luar angkasa," kata Vinogradov.

Ia menambahkan, meskipun perjalanan itu memiliki waktu yang singkat, tapi sistem penerbangannya berjalan dengan normal.

"Dengan waktu yang sesingkat itu, saya rasa kru pesawat bisa mengambil es krim dan tidak akan mencair setelah pesawat luar angkasa itu sampai," kata Vinogradov. (umi)
Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024