Ayam dan Telur, Mana Lebih Dulu?

Ayam dan telur
Sumber :
  • simplycreativewriting.com

VIVAnews - Pertanyaan klasik, lebih dahulu mana antara ayam dan telur ayam. Ini kerap menjadi perdebatan lucu.

Beberapa jawaban saling menguatkan, bahwa telur tentu muncul dari seekor ayam, tapi sebaliknya ayam berasal dari sebutir telur.

Kini, muncul jawabannya. Peneliti menegaskan, seperti dilansir Popsci, bahwa telur muncul lebih dulu dari ayam. Alasannya, ayam yang hidup hari iniĀ  adalah hasil dari proses evolusi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Menurut temuan peneliti, di masa lalu, ada burung yang mirip seperti ayam menghasilkan keturunan. Namun, karena mengalami beberapa mutasi DNA yang melebihi batas, akhirnya menghasilkan ayam hidup sekarang ini.

Pendapat lain yang menguatkan bahwa telur lebih muncul dahulu yaitu sisi evolusi telur.

Banyak karakteristik dari telur unggas modern, meliputi bentuk bujur dan asimetris serta cangkang yang keras, menunjukkan berada pada tempat di mana burung-burung menghindar dari kehidupan dinosaurus sekitar 150 juta tahun yang lalu.

"Banyak ciri-ciri yang kita lihat dalam telur burung berevolusi, bahkan sebelum zaman burung di kehidupan dinosaurus jenis theropoda," kata Darla Zelenitsky, peneliti University of Calgary, Kanada.

Sementara itu, petunjuk lain datang dari sejarah telur unggas yang terjadi setidaknya 150 juta tahun sebelumnya, yaitu saat rangkaian evolusi vertebrata berkaki empat menghasilkan telur ketuban.

Embrio dalam telur vertebrata itu dikelilingi oleh tiga selaput cairan yang menyediakan makanan, perlindungan, dan jalan bernapas. Dan, itu terjadi pada telur ayam yang ada saat ini.

Lebih lanjut, James R. Stewart, ahli fisiologi reproduksi East Tennessee State University, AS, menguatkan bahwa telur ketuban awal mengandung sejumlah besar bagian kuning, seperti yang ada pada telur ayam.

"Anda juga melihatnya pada burung, buaya, dan ular," jelasnya. (eh)

Film Keluar Main 1994

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Sebuah film yang ditunggu-tunggu, "Keluar Main 1994", tayang perdana di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024