VIDEO: Bagaimana Cara Astronot Buang Air?

Tangan astronot seakan menyentuh matahari
Sumber :
  • NASA|Space.com

VIVAnews - Hidup dalam misi luar angkasa selama ratusan hari dengan gravitasi nol tentu jauh berbeda dengan kehidupan di Bumi sehari-hari, di mana berlaku hukum gravitasi.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Di ruang angkasa, semua aktivitas harus dilakukan dengan cermat dan teliti, mempertimbangkan tidak adanya gaya gravitasi.

Termasuk aktivitas buang air. Badan antariksa Amerika Serikat (NASA), melalui mantan komandan Internastional Space Station (ISS), Suni Williams, NASA memperlihatkan bagaimana astronot buang air di pesawat ruang angkasa.

Seperti toilet pada umumnya, dilansir Dailymail, 22 Maret 2013, tempat khusus berupa toilet duduk. Toilet terdiri dari dua bagian. Toilet dengan kode nomor satu untuk buang air besar, yang berukuran lebih kecil dari toilet sejenis pada umumnya. Dan, toilet nomor dua, berupa selang pipa untuk buang air kecil.

"Anda lihat, toilet nomor satu cukup kecil. Anda harus tepat membidiknya. Lalu, bersiap untuk melepaskannya ke arah yang benar," jelas Suni Williams, yang adalah seorang pilot uji coba Angkatan Laut AS. Dia menghabiskan 322 hari waktunya di luar angkasa.

Nah, jangan dikira buang air di ruang angkasa tidak berbau seperti di Bumi. "Ini ada baunya sedikit, jadi lebih baik saja tutup saja," ujarnya sambil menutup lubang hidung.

Terdapat juga pilihan kertas toilet, bagi astronot yang lebih nyaman dengan alat ini. Biasanya opsi ini lebih disukai oleh kosmonot Rusia.

Namun, stasiun ruang angkasa senilai 12,5 juta poundsterling (setara Rp121,66 triliun) ini juga menyediakan sarung tangan, popok dan tisu disinfektan. Ini digunakan dalam hal di luar kendali, misalnya tiba-tiba buang air kecil maupun besar.

Meski semua komponen berteknologi tinggi di ISS didesain agar berjalan lancar, toilet stasiun luar angkasa ini bukannya tidak pernah rusak. Pada 2009, salah satu pompa di kamar mandi utama meluber.

Astronot pun dipaksa untuk mengenakan kacamata, sarung tangan dan masker. Para awak ini kemudian bekerja semalaman memperbaiki saluran tersebut, tapi gagal dan harus menunggu suku cadang yang dikirim dari Bumi.

Mau tur bersama Suni Williams selama 8 menit? Dia akan menunjukkan dapur, kamar tidur, dan kakus di ISS. Berikut ini videonya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024