GE dan PLN Kembangkan Energi Listrik dari Kayu

Pameran Indonesia International Infrastructure
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Cesc Fabregas Beri Penilaian Gelar Arsenal Usai Berbincang dengan Semua Pelatih Eropa
Perusahaan teknologi General Electric (GE) bersama PLN sedang mengembangkan pilot project tenaga listrik biomassa yang berasal dari potongan kayu dengan teknik gasifikasi.

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan. Kelebihan dari biomassa adalah sumber energinya yang bisa diperbaharui.
Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu


"Bentuk teknologi ini berupa pirolisis, yaitu dekomposisi kimia bahan organik potongan kayu melalui proses pemanasan tanpa oksigen, sehingga akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi gas," kata Setio Soemartono, Presiden Direktur GE Indonesia, saat berbincang-bincang di kantornya, 20 Maret 2013.


Ia menjelaskan, setelah potongan kayu itu menjadi gas, maka akan diubah lagi menjadi listrik. "Proyek ini sudah berjalan 50 persen, diharapkan tahun ini akan rampung," tegasnya.


Kayu yang digunakan untuk proyek tenaga listrik biomassa berasal dari pohon lamtorogum dan akasia. Sebab, setelah diteliti, kedua pohon itu memiliki kandungan gas cukup besar. Selain itu, masa tanamnya tidak terlalu lama.


Proyek tenaga listrik biomassa dipusatkan di daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Di dalamnya, GE berperan untuk menyumbang teknologi, sementara PLN yang mengucurkan dananya.


"Untuk proyek ini, PLN sudah mengeluarkan dana sekitar US$4-5 juta (setara hingga Rp48 miliar). Nanti, hasil listriknya akan diolah dan didistribusikan oleh PLN," ujar Setio.


Mengenai jumlah tenaga listrik yang dihasilkan dari proyek ini, Setio menjelaskan, saat ini proyek di Sumbawa sudah dapat menghasilkan sekitar 1 megawatt.


"Teknologi ini sangat cocok dikembangkan untuk daerah-daerah di pedesaan yang belum mendapat pasokan listrik," jelasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya