Ditemukan, Bintang Terdekat Ketiga dari Matahari

Ilustrasi penampakan matahari terbit
Sumber :
  • spacefriday.com
VIVAnews -
Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng
Hampir satu abad sejak 1916, ilmuwan Badan Antariksa Nasional AS (NASA) untuk pertama kalinya menemukan sistem bintang terdekat dari Matahari, yang letaknya hanya 6,5 tahun cahaya, atau sekitar 61,75 triliun kilometer.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Sistem bintang yang terdiri dari sepasang bintang ini diklaim ilmuwan sebagai bintang terdekat ketiga dari Matahari.
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap


Kedua bintang dalam sistem biner itu tertangkap oleh teleskop
Wide-field Infrared Survey Explorer
(WISE) milik NASA. Wujud keduanya bintik coklat, dan memiliki massa yang kecil, bahkan terlalu kecil untuk memicu fusi hidrogen.


Dari citra yang berhasil ditangkap, dua bintang terdekat ini diperkirakan sangat dingin dan remang-remang, lebih menyerupai planet raksasa seperti Jupiter ketimbang Matahari yang bercahaya terang.


WISE J104915.57-531906 (NASA)

"Jarak (dari Bumi) ke pasangan bintang ini adalah 6,5 tahun cahaya. Cukup dekat, kira-kira transmisi televisi Bumi di tahun 2006 kini sudah sampai di sana," ungkap Kevin Luhman, profesor astronomi dan astrofisika di Penn State University dan University Park.


"Ini temuan yang sangat berarti karena sistem bintang ini sangat dekat dengan Bumi, yang membuat manusia jauh lebih mudah untuk meneliti planet-planet yang mengorbiti bintik coklat itu," tandasnya, yang dikutip
The Hindu,
13 Maret 2013.


Sistem bintang ini sudah diberi nama, yakni WISE J104915.57-531906, karena ditemukan pada peta inframerah dari seluruh langit melalui WISE.


Meski sangat dekat, sistem bintang ini sedikit lebih jauh dari bintang terdekat kedua, yaitu Barnard, yang ditemukan pada jarak 6 tahun cahaya dari Matahari pada 1916.


Sementara sistem bintang terdekat dari Matahari sampai saat ini juga berpasangan, yakni Alpha Centauri, ditemukan pada tahun 1839, jaraknya sekitar 4,4 tahun cahaya dari Matahari, dan Proxima Centauri yang lebih redup, ditemukan pada tahun 1917, berjarak 4,2 tahun cahaya dari Matahari.


Studi ini akan dipublikasikan di
Astrophysical Journal Letters.
(eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya