Pengguna Internet Rumahan Meningkat Drastis

Riset Nielsen tentang aktivitas Internet di Indonesia tahun 2012
Sumber :
VIVAnews -
Jelajahi Perth Tanpa Menguras Kantong: Panduan Liburan Hemat dan Penuh Keseruan
Untuk pertama kali, jumlah pengguna Internet rumahan di Indonesia melampaui jumlah pengguna Internet dari warung Internet atau warnet, di mana komputer PC dan ponsel jadi alat akses Internet utama.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Menurut paparan Nielsen bertajuk
Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok
Media & Advertising Spend 2012 pada media, terjadi pergeseran yang cukup menarik di tahun 2012, di mana pengguna Internet lebih banyak mengakses Internet dari rumah, yakni sekitar 47 persen, dibandingkan dari warung Internet atau warnet sekitar 28 persen.


"Hanya dalam setahun, telah terjadi perubahan yang signifikan. Setahun lalu, 41 persen pengguna masih mengaksesnya dari warnet. hanya 23 persen pengguna yang mengakses dari rumah," ujar Irawati Pratignyo,
managing director media
Nielsen Indonesia.


Riset Nielsen tentang tren penggunaan Internet berdasarkan lokasi di Indonesia


Seiring dengan meningkatnya akses Internet di rumah, penggunaan laptop sebagai perangkat untuk mengakses Internet pun bertambah dari 20 persen menjadi 27 persen, meski komputer dan ponsel masih menjadi perangkat akses utama, masing-masing sebesar 59 persen dan 56 persen.


"Ini merupakan indikasi peningkatan kepemilikan laptop pribadi, sekaligus kebutuhan untuk memiliki akses Internet pribadi di rumah tangga Indonesia," jelas Irawati.


Secara total, Nielsen menemukan, bahwa pengguna Internet di Indonesia tahun 2012 meningkat menjadi 30 persen dibandingkan dengan 26 persen tahun lalu, dengan rata-rata waktu yang dihabiskan sebanyak dua jam per hari.


Penggunaan Internet tertinggi masih untuk jejaring sosial dengan 75,3 persen, sedikit menurun dibandingkan tahun lalu, yakni 76,3 persen.


Sementara aktivitas mengunduh perangkat lunak atau dokumen (musik, film, dan sebagainya) meningkat menjadi 37,3 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar 33 persen. (eh)


Riset Nielsen tentang aktivitas Internet di Indonesia tahun 2012
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya