Ask Panasonic, Aplikasi Tampung Keluhan Konsumen

Sumber :
  • wikimedia.org
VIVAnews -
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Menyelaraskan dengan perkembangan gaya hidup digital yang mengedepankan keleluasaan, Panasonic menghadirkan aplikasi mobile, Ask Panasonic.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan seputar produk Panasonic, misalnya layanan servis
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
, konsultasi produk, keluhan pelanggan, sampai panduan serta solusi atas masalah produk Panasonic.

"Dengan layanan ini, kami ingin memindahkan pelanggan dari
user manual
ke sistem
online,
" ujar Nicolas Herlambang M, GM Customer Service Panasonic di Palalada Restaurant, Grand Indonesia, 28 Febuari 2013.


Dalam platform Ask Panasonic ini, pelanggan juga bisa mendapatkan info
FAQ (Frequently Asked Question)
, yakni berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya dihadapi pelanggan. Fitur ini disertai penjelasan serta solusi.


Bila masih belum puas, fitur
Info
memungkinkan pelanggan dapat menghubungi
customer service
Panasonic agar mendapatkan penjelasan detail.


Fitur
Service Request
memudahkan pelanggan untuk meminta perbaikan produk, cukup dengan mengirim e-mail atau menelpon
call centre
Panasonic. Nantinya, pihak Panasonic akan menghubungi kembali pelanggan.


Panduan menarik juga difasilitasi fitur
Service Network.
Fitur ini berisi panduan pemetaan berbasis Google Maps untuk 48 titik customer care Panasonic di seluruh Indonesia. "Pelanggan akan diarahkan
turn by turn
menuju titik layanan purna jual terdekat dari posisi pelanggan," jelas Nico.


Sementara ini, Ask Panasonic hanya berjalan di ponsel pintar berbasis Android. Ke depan, aplikasi juga akan tersedia di platform berbasis iOS dan BlackBerry. "Bulan April nanti, kami juga akan mengintegrasikan layanan chatting Yahoo Messenger dan WhatsApp," tambahnya.


Nico menyebutkan, aplikasi Ask Panasonic ini hanya ada di Indonesia dan dibuat oleh pengembang lokal, Bakulide.


Aplikasi Turunan


Saat ini, aplikasi mobile tersebut hanya sebatas informasi, panduan keluhan serta solusi terkait produk Panasonic. Namun nantinya, aplikasi akan dikembangkan lebih kaya fitur.


"Jadi, tidak hanya soal kerusakan produk saja, tetapi juga memandu kustimosasi dan penggunaan produk," kata Nico. Konten aplikasi ke depan nantinya meliputi konten video demo produk.


Dia menargetkan, aplikasi mobile besutannya sudah mendekati sempurna akhir tahun ini. "Setelah bisa diadopsi ke semua platform, sekitar Oktober nanti," tutur dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya