TEKNOLOGI

Tim Arkeolog Identifikasi Gerbang Barat Gunung Padang

Tim menemukan dua batu tegak berjarak 5 meter satu sama lain.
Sabtu, 23 Februari 2013
Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Nezar Patria
Dua batu tegak di Situs Gunung Padang Cianjur

VIVAnews - Tim Terpadu Riset Mandiri telah melakukan survei di sisi barat situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Di luar pagar situs tersebut, tim berhasil menemukan dua batu tegak.

Menurut arkeolog yang terlibat dalam eskavasi ini, Ali Akbar, jarak kedua batu tegak tersebut lima meter. Batu tegak yang di utara memiliki tinggi 90 centimeter, sementara yang di selatan tingginya 72 centimeter. "Batu-batu tersebut tingginya tentu saja lebih dari itu, namun sebagian masih tertimbun di dalam tanah," kata Ali, Sabtu 23 Februari 2013.

Pada pertengahan tahun 2012, Tim Terpadu Riset Mandiri telah menemukan beberapa anak tangga di sisi barat Gunung Padang. Temuan survei 2013 ini memperkuat bukti bahwa bangunan Gunung Padang juga memiliki tangga naik di sebelah barat. Situs Gunung Padang sampai dengan penelitian tahun 2011 diketahui hanya memiliki tangga naik di sisi utara.

Dia juga menyampaikan di sisi barat Gunung Padang terdapat dua gunung yang mengapit sebuah lembah. Gunung yang berada di selatan adalah Gunung Karuhun dan yang di sebelah utaranya adalah Gunung Batu.

"Tampaknya tangga naik dan gerbang di sisi barat diperuntukkan bagi masyarakat yang datang dari arah barat," kata Ali.

Tidak menutup kemungkinan terdapat prosesi ritual dari Gunung Padang ke Gunung Karuhun, atau sebaliknya. Secara penamaan, Karuhun mengindikasikan hal-hal yang terkait dengan leluhur atau nenek moyang.

"Jika rekonstruksi ritual berhasil dilakukan, dapat dibayangkan iring-iringan masyarakat yang berjalan dari bawah lembah melewati sungai, lalu menanjak ke Gunung Padang." (kd)

 

TERKAIT
TERPOPULER