Malam Ini, Asteroid 2012 DA14 Lintasi Bumi

Asteroid menuju bumi.
Sumber :
  • digitaltrends.com

VIVAnews - Masih ingat dengan berita asteroid yang sedang pada 15 Februari? Ya, besok tepat pukul 19.30 waktu London, atau pukul 2:30 WIB pagi nanti, sepotong batu berukuran 150 kaki atau sekitar 45 meter itu akan melintasi bumi.

Namun, NASA memastikan asteroid 2012 DA14 . Jika memang menghantam bumi, asteroid itu diperkirakan bisa melenyapkan kota London. Daya rusaknya diestimasi 1.000 kali lebih parah daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Apa dampak dari mendekatnya asteroid itu bagi Bumi?

NASA memang tidak mengungkapkan dampak signifikan yang dialami Bumi karena asteroid 2012 DA14 yang mendekat. Tapi, para peneliti lain mengatakan bahwa dampak dari mendekatnya asteroid itu akan sedikit merusak sinyal TV di bumi.

Sebab, asteroid itu akan melalui beberapa orbit dari satelit-satelit yang digunakan sebagai peramal cuaca, siaran TV, dan telepon satelit. Namun, untuk sinyal telpon rumah tidak akan berpengaruh.

Daniel Brown, Ahli Astronomi dari Nottingham Trent University, mengatakan, meskipun sangat dekat dengan Bumi, asteroid 2012 DA14 tetap tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Untuk melihatnya Anda harus menggunakan teropong.

"Peristiwa ini akan memberi kesempatan kita untuk mempelajari lebih jauh mengenai asteroid. Ini penting untuk melindungi bumi dari kemungkinan ada asteroid lain yang akan menghantam bumi di masa depan," kata Brown, dilansir Dailymail, 15 Februari 2013.

Misalnya, yang saat ini sedang menuju Bumi. Dan, jika lintasannya tidak berubah, maka akan sampai ke Bumi dan memporakporandakan isinya. Kiamat? Mungkin saja.

Brown mengatakan, asteroid memiliki kandungan sumber daya yang besar. Di dalamnya, terkandung bahan logam mulia untuk bahan bakar roket. "Namun, kita harus tetap melihat dari sisi keselamatan manusia, asteroid tetap menjadi ancaman besar bagi penghuni Bumi," ujarnya.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Gambar di atas merupakan lintasan yang akan dilalui asteroid 2012 DA14. Pada jarak terdekat, batu angkasa itu nantinya akan berbelok karena tertarik gaya gravitasi Bumi. Setelah itu, obyek kembali melintas lurus dan menjauh dari Bumi. (eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024