Planet Pink Hiasi Langit Selama Februari

Foto ilustrasi langit terbitan NASA
Sumber :
  • REUTERS/NASA, ESA, Z. Levay and R. van der Marel (STScI), and A. Mellinger/Handout
VIVAnews -
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
Ada penampilan baru di angkasa sepanjang malam pada pertengahan hingga akhir bulan Februari ini. Jika diamati, Anda akan menemukan sebuah planet dengan warna yang khas, pink alias merah muda.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Karena mengikuti tema Hari Valentine? Mungkin saja.
Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh


Ilmuwan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengkonfirmasi, akan tampak sebuah planet merah muda berada pada posisi yang lebih rendah di kaki langit sekitar petang hari atau setelah matahari terbenam.


Planet pink itu pertama kali dilihat pada 8 Februari, dan dapatĀ  dilihat jelas hingga 21 Februari nanti.


Jika penasaran, para ilmuwan NASA merekomendasikan untuk melihat langit sekitar 30 menit setelah matahari terbenam. Jika kondisi langit cerah, titik merah muda kecil seharusnya terlihat lebih dekat cakrawala matahari.


Dilansir
Softpedia,
15 Februari 2013, planet berwarna merah muda itu adalah Merkurius. Memang, warna Merkurius bukan pink. Penampilan spesial ini disebabkan efek pukulan sinar matahari yang memberikan ilusi warna merah muda selama periode tersebut.




Pada 11 Febuari lalu, NASA mengatakan, penampakan planet ini terlihat lebih lama, yaitu satu jam setelah terbenamnya matahari.


Dan, penampakan planet merah muda ini tidak memberikan dampak bencana atau bahaya bagi orang yang melihatnya.


Merkurius merupakan planet terdalam dan terkecil pada Tata Surya. Planet yang diperkirakan bersuhu 3.000 derajat Celsius itu memiliki orbit yang paling sempurna dari delapan planet lainnya, yakni mengorbit sekali setiap 88 hari Bumi, melakukan tiga rotasi pada porosnya setiap dua orbit.


Permukaan planet ini yang banyak kawah, mirip dengan Bulan. Hal ini menunjukkan bahwa geologi di Mekurius telah aktif selama miliaran tahun.


Perbedaan temperatur di Merkurius sangat ekstrim, sangat dingin di malam hari, dan sangat panas di malam hari. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya