2013, Bisnis Online Diprediksi Naik 10 Kali Lipat

Sumber :
  • idiva.com

VIVAnews - Bisnis belanja online (e-commerce) Indonesia diramalkan akan semakin tumbuh pesat. Pengakuan tersebut dibuat oleh platform belanja online asal Jepang, Rakuten, yang terus memperkuat ekosistemnya.

Tahun ini, Rakuten Indonesia memprediksi bahwa perangkat mobile memiliki peranan penting dalam membentuk pengalaman dalam berbelanja online. Fenomena ini memberikan kesempatan yang signifikan bagi industri retail online.

Prediksi itu diperkuat laporan Gartner pada tahun 2012. Laporan itu mengungkapkan bahwa perangkat mobile akan menyalip PC sebagai alat yang paling umum digunakan untuk mengakses website di tahun 2013.

Sementara itu, Google dan British Retail Consorsium juga melaporkan, volume dari pencarian retail online dari perangkat mobile melonjak hingga 216 persen dari kuartal kedua tahun 2010 sampai kuartal kedua tahun 2011.

Dengan angka sebesar itu, diperkirakan mobile e-commerce (m-commerce) akan memiliki nilai sebesar US$31 juta, hampir Rp300 miliar, pada tahun 2016.

Meningkat 10 kali lipat

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Sebagai salah satu negara potensial untuk pasar perangkat ponsel cerdas, Indonesia pun harus bersiap menerima gelombang m-commerce.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), diketahui bahwa volume bisnis online di Indonesia mencapai Rp126 triliun tahun 2012, dan diperkirakan meningkat sepuluh kali lipat pada tahun 2013.

Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO PT Rakuten-MNC mengatakan, ada pergeseran transaksi dalam berbelanja online.

"Biasanya orang-orang membuka situs belanja online dengan menggunakan laptop dan PC, tapi hari ini sudah banyak yang menggunakan perangkat mobile," kata Ryoto, di acara Ramalan Tren E-commerce 2013, di Jakarta, 13 Februari 2013.

Saat ini, perangkat mobile dan jejaring sosial adalah kunci sukses dari bisnis ritel online, karena menurutnya dapat berhubungan dengan konsumen secara lebih personal.

"Antara April sampai Desember tahun 2012 kemarin, jumlah kunjungan ke situs Rakuten dari perangkat mobile naik 180 persen, sementara pemesanan dari perangkat mobile juga naik sangat tinggi, yaitu mencapai 483 persen," tutur pria yang akrab dipanggil Popeye ini.

Ditahun 2013, para pebisnis ritel harus membuat peningkatan integrasi mobile. Toko-toko harus membuat websitennya dalam versi mobile, karena penetrasi perangkat mobile terus meningkat.

"Teknologi-tekologi bari ponsel cerdas dan tablet akan semakin meningkatkan kemampuannya untuk menjangkau para pelanggan. Ini bertujuan untuk memberikan saluran dan pengalaman belanja online menjadi mudah dan nyaman," tutur Ryoto. (umi)

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih
Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menanggapi rencana pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PKB yang juga cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024