Kenapa 3 dan Axis Mundur Seleksi 3G?

Menara BTS
Sumber :
  • reum-batteries.com

VIVAnews - Seleksi atau lelang 3G masih menyita perhatian berbagai kalangan. Namun, dari , kini lelang itu hanya menyisakan tiga operator terbesar, yaitu Telkomsel, XL, dan Indosat.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), tenggat waktu penyerahan dokumen seleksi pengguna pita frekuensi radio rambahan pada pita frekuensi radio 2,1 GHz untuk penyelenggaraan jaringan bergerak seluler IMT-2000 adalah 6 Februari 2013 silam, pukul 15:00 WIB.

Namun, hingga tenggat waktu yang ditentukan, hanya tiga calon peserta yang telah menyerahkan seluruh dokumen. Otomatis, dua operator lain, yakni Hutchison CP Telecom (3) dan PT Axis Telekom Indonesia (Axis) tidak akan berpartisipasi alias gugur.

Saat dikonfirmasi, Axis mengaku lebih memilih untuk mengoptimalisasi jaringan yang sudah ada saat ini. "Kalau ditanya butuh atau tidak, sebenarnya sih butuh. Tapi, kami juga punya strategi. Saat ini, kami mau memaksimalkan penggunaan spektrum yang sudah ada dulu," ujar Anita Avianty, Head of Corporate Communication Axis, saat dikonfirmasi VIVAnews, Selasa 12 Februari 2013.

"Pelanggan kami 17 juta pelanggan. Sebenarnya masih banyak ruang kosong yang belum terpakai dan bisa dioptimalisasi di jaringan kami. Jadi, untuk kami, seleksi 3G belum terlalu darurat," tandasnya.

Axis mengaku akan fokus pada penyambutan 4G LTE (long term evolution) sebagai akses broadband nirkabel di masa mendatang. Pada April nanti, operator yang baru berusia empat tahun ini akan menggelar uji coba 4G LTE. "Uji coba akan digelar di spektrum frekuensi 1.800 MHz," tutur Anita.

Frekuensi 1.800MHz memang cukup populer di beberapa negara. Pemanfaatannya sebagai platform LTE juga didukung dengan 130 perangkat, termasuk 26 ponsel pintar dari produsen terkemuka.

Sementara itu, Tri belum dapat dihubungi sampai saat ini.

Proses seleksi 3G telah sampai pada tahap evaluasi dokumen permohonan, yang berlangsung sampai 22 Februari mendatang. Setelah dievaluasi, Kemenkominfo akan mengumumkan pemeringkatan pemenang pada 25 Februari 2013.

"Jika ada yang tidak berkenan, kami memberikan kesempatan pada peserta untuk menyanggah sampai 27 Februari. Jawaban masa sanggah akan kami sampaikan 4 Maret," jelas Gatot, saat dihubungi VIVAnews.

Erick Thohir Sudah Salaman dengan Emil Audero, Berarti ...

"Pada 7 Februari lalu, kami beserta semua calon peserta sebenarnya sudah duduk bersama, dan memastikan apakah dokumen yang mereka berikan lengkap. Nah, jika ada yang tidak lengkap, otomatis akan dinyatakan gagal," jelas pria jebolan UGM itu.

Pertanyaannya, apakah di antara Telkomsel, XL, dan Indosat sudah ada yang dinyatakan gagal pada 7 Februari silam?

"No comment. Saya belum boleh bicara," kata Gatot. (eh)

Timnas Indonesia U-23

Membahayakan, AFC Bongkar Senjata Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 akan berjuang di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024 mendatang. AFC ungkap 4 pemain yang jadi ancaman.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024