Perubahan Es Arktik, Populasi Beruang Kutub Terancam

Beruang kutub di atas bongkahan es yang mencair
Sumber :
  • heatingoil.com

VIVAnews - Perubahan iklim membawa dampak pada eksistensi beruang kutub di kawasan Artik, kutub utara. Untuk itu, para peneliti beruang kutub di University of Alberta, Kanada dan 11 penulis internasional mendesak pemerintah memulai perencanaan mengantisipasi perubahan ekosistem Arktik yang cepat.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Profesor Andrew Derocher dari University of Alberta, menulis perspektif kebijakan mendesak pemerintah untuk menerima bahwa tren pemanasan Arktik bisa berdampak pada penurunan populasi beruang.

"Itu adalah fakta bahwa laut es awal pecah, es akhirnya membeku ke atas lapisan dan pengurangan secara keseluruhan bongkahan es adalah ancaman besar," kata Derocher dilansir Science Daily, Selasa 5 Febuari 2013.

"Kami ingin pemerintah siap dengan rencana konservasi dan pengelolaan beruang kutub saat skenario perubahan iklim terburuk terjadi," tambahnya.

Studi pengamatan dan pemodelan yang dilakukan para peneliti di banyak daerah, diketahui bahwa beruang kutub terkena dampak merugikan dari perubahan iklim.

Dalam studi dikatakan, setahun saja es di kutub utara memasuki masa buruk, maka ratusan beruang kutub di Hudson Bay terancam terdampar di daratan dalam waktu lama.

"Peristiwa semacam itu bisa menghapus setengah dari populasi beruang kutub dalam satu tahun," tulis Derocher.

Ia mengatakan, opsi yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini adalah memberi ruang bagi hewan ini dengan memberi makan maupun memindahkan beruang kutub ke tempat lain seperti yang dilakukan masyarakat di kawasan Churchill, Kanada, Kawasan yang dikenal sebagai pusat populasi beruang kutub dunia. "Atau mematikan (euthanasia) mereka," tegasnya.

Para peneliti mengatakan pilihan manajeman beruang kutub merujuk pada apa yang disebut Derocher sebagai 'model taman beruang liar'. Cara ini yaitu memberi umpan dan melepaskan beruang saat air es naik sehingga hewan ini bisa sampai ke lahan perburuan. (umi)

Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024