Z10 dan Q10, Dua Produk Jagoan BlackBerry 10

CEO RIM Thorsten Heins saat memperkenalkan BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10
Sumber :
  • mobilegeeks.de

VIVAnews - Setelah "mati suri" selama berbulan-bulan, BlackBerry, yang baru dari Research In Motion (RIM), akhirnya dini hari tadi menggeber dua produk baru berbasis sistem operasi BlackBerry 10.

Sesuai jadwal, BlackBerry memperkenalkan dua tipe ponsel pintar anyar yang kerap menjadi buah bibir belakangan ini, yaitu BlackBerry Z10 dengan metode input layar sentuh, dan BlackBerry Q10, tipe khas perangkat BlackBerry dengan papan ketik QWERTY.

Keduanya boleh dibilang memenuhi syarat untuk disebut ponsel pintar modern. Hadir dengan layar jernih berkualitas HD, prosesor dual-core, dan BB10 tampilan antarmukanya dibuat lebih bersahabat. Mari kita kenal keduanya lebih dekat.

BlackBerry Z10


Ini adalah "jagoan" layar sentuh yang diusung BlackBerry untuk bersaing dengan ponsel pintar sejenis lainnya, termasuk perangkat berbasis iOS dan OS Android. BlackBerry Z10, dibekali layar sentuh kapasitif WXGA berukuran 4,2 inci, dengan resolusi maksimal 1.280x768 piksel dan kerapatan piksel 356 ppi. Sedikit lebih tajam dari Samsung Galaxy S III.

Prosesor Krait dual-core 1,5 GHz bekerja di balik layar untuk menjalankan OS terbaru BlackBerry. CPU ini dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 2 GB, cukup besar melayani multi-tasking, sekaligus memainkan peran besar untuk pengalaman baru pengguna.

BlackBerry juga menyematkan kamera berkemampuan sensor 8 MP, yang dilengkapi fitur TimeShift, perekam video Full-HD, dan port HDMI untuk mentransfer gambar ke perangkat berdefinisi tinggi (HD).

Untuk ruang penyimpanan data, BlackBerry Z10 menyediakan storage berkapasitas 16GB. Jika kurang, tidak seperti iPhone, ada slot microSD di sini, yang bisa memuat memori tambahan Anda hingga 32 GB.

Di sisi konektivitas, terdapat akses LTE, Wi-Fi, a/b/g/n, Bluetooth 4.0, dan NFC.

Meski dulu gagal mempertahankan BlackBerry Storm, ponsel sentuh BB yang dilengkapi teknologi SurePress, kini BlackBerry harus bisa menebusnya dengan BlackBerry Z10. Setidaknya, bisa sejajar dengan perangkat Android dan Apple papan atas, atau bahkan lebih baik lagi.

BlackBerry Q10


Nah, produk yang satu ini lebih cocok untuk pasar Indonesia, pasar yang lebih menyukai ponsel pintar berpapan ketik QWERTY. Mempertahankan tradisinya, BlackBerry Q10 hadir dengan susunan papan ketik QWERTY fisik, juga layar sentuh AMOLED berukuran 3,1 inci.

Meski ukurannya relatif standar, layar sentuh BlackBerry Q10 mempunyai resolusi lebih besar dari versi-versi sebelumnya, yakni 720x720 piksel. Bahkan, kerapatan pikselnya mencapai 330ppi, hampir menyamai BlackBerry Z10.

Menariknya, bodi BlackBerry Q10 dibingkai dengan kerangka stainless steel, serta dan balutan kaca pada layar dari ujung-ke-ujung.

Untuk menyokong kinerja, jeroan BlackBerry Q10 sama persis dengan BlackBerry Z10.

BlackBerry Z10 akan dirilis di United Kingdom hari ini waktu setempat, melalui semua operator juga pengecer. Seperti produk-produk lainnya, BlackBerry pun bisa dimiliki pelanggan melalui kontrak prabayar. Namun, harganya belum diketahui sampai berita ini disiarkan.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Sedangkan, BlackBerry Q10 akan beredar ke pasar global sekitar April mendatang.

Analisis Pengaruh Tentang COVID-19 Terhadap Harga Saham

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Saham merupakan salah satu opsi investasi yang diminati di Indonesia, khususnya saham blue chip. Saham ini menjadi incaran banyak orang karena bisa untuk jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024