Apa Alasan RIM Ganti Nama Jadi BlackBerry?

CEO RIM Thorsten Heins saat memperkenalkan BlackBerry 10
Sumber :
  • msn.com
VIVAnews -
Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur
Produsen perangkat dan layanan BlackBerry, Research In Motion (RIM) baru saja meluncurkan perangkat berbasis BlackBerry 10 dengan meluncurkan BlackBerry Z10 dan Q10.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Dalam peluncuran ini, CEO RIM Thorsten Heins juga mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi BlackBerry. Apa alasannya?
Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall


"Pelanggan kami menggunakan BlackBerry, karyawan kami bekerja untuk BlackBerry. Mulai hari ini kami adalah BlackBerry, " jelas Heins dalam peluncuran BlackBerry 10 di New York tadi malam, seperti dilansir
Cnet,
Kamis 31 Januari 2013.


Nama baru BlackBerry diikuti dengan moto perusahaan yang baru,
One Brand, One promise.
Mulai saat itu juga, Heins mengatakan, nama BlackBerry menjadi nama resmi perusahaan. "Kami adalah BlackBerry di manapun di dunia ini," ujarnya,
Wired
melansir.


Perubahan nama ini diikuti perubahan kode perusahaan di lantai bursa saham. Di saham Nasdaq, perusahaan asal Kanada itu mengganti nama RIMM menjadi BBRY, sementara di bursa TSK nama yang tertera yaitu BB.


Keputusan perubahan nama ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, RIM pernah mengakui, pelanggan selama ini lebih mengenal nama BlackBerry ketimbang RIM.


Perubahan nama juga disinyalir sebagai salah satu upaya perusahaan untuk menaikkan pamor BlackBerry untuk bersaing dengan Android dan Apple, yang posisinya kian kuat.


Meski perubahan nama dianggap sebagai keputusan strategis, Hayes Routh, direktur pemasaran perusahaan
branding
Landor Associates mengatakan, untuk bersaing kembali dengan kompetitor, nama baru tidaklah cukup.


"Masalah yang mereka punya selama ini adalah bahwa mereka sudah memiliki dua nama untuk sebuah produk yang hanya satu saja," kata Hayes Routh pada
Wired
.


"Kembali memperkenalkan ke dunia, apa yang dimaksud RIM dan siapa mereka sebenarnya adalah perjuangan yang berat dari awal," jelasnya.


Namun, sampai saat ini, BlackBerry masih mencatumkan nama RIM di dalam situs BlackBerry. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya