Fenomena Unik, Nebula Berbentuk Sapi Laut

W50, nebula yang menyerupai bentuk sapi laut
Sumber :
  • nrao.edu

VIVAnews - Fenomena unik di ruang angkasa kembali muncul. Para peneliti sedang menguji penampakan aneh seperti manatee, sebuah mamalia laut langka yang dikenal sebagai sapi laut, yang umumnya memiliki panjang 10 kaki dan berat 453,5 kg. Mamalia ini kerap berkumpul di perairan hangat di bagian tenggara Amerika Serikat.

W50, begitu nama yang diberikan untuk citra ruang angkasa satu ini. W50 merupakan supernova, atau ledakan bintang berukuran besar. Bahkan, ilmuwan mengklaim ini adalah salah satu supernova terbesar yang pernah ditangkap oleh VLA (very large array).

Panjangnya diperkirakan mencapai 700 tahun cahaya, mencakup dua derajat lintang di langit, setara empat bulan jika dijejerkan.

Fenomena unik yang diperkirakan berusia 20.000 tahun itu ditangkap oleh Karl G Jansky, seorang ilmuwan di National Science Foundation, sebuah pusat pengamatan radio astronomi.

"Secara optik, objek astronomi ini cerah, bisa dilihat dengan mata telanjang juga teleskop optik, sering dijuluki seperti Whirlpool Galaxy dan Owl Nebula," papar National Radio Astronomy Observatory (NRAO) dalam pernyataan resminya, seperti dilansir Daily Mail, Senin 28 Januari 2013.

Whirlpool Galaxy adalah galaksi spiral pada konstelasi bintang Canes Venati. Sedangkan, Owl Nebula merupakan bintang berkabut cahaya pada konstelasi Ursa utama.

Saat pencitraan W50 sampai di kantor direktur NRAO, Asisten eksekutif direktur Heidi Winter melihat adanya kemiripan gelembung W50 dengan manatee.

Pembentukan W50 diawali oleh gumpalan awan besar. Sekitar 18.000 tahun cahaya dari Bumi, gumpalan tersebut berada di dalam konstelasi Aquila, meledak lalu membentuk supernova sekitar 20.000 tahun yang lalu. Ledakan tersebut menyisakan lubang hitam (black hole), membuang gas ke bintang-bintang terdekat.

Seiring waktu, pancaran microquasar ini berdampak pada gelembung W50, dan membentuk tonjolan yang kemudian mirip bentuk mamalia tersebut. (umi)

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus
Pemain Timnas Indonesia U-23

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024