Bertukar Video Singkat via Vine

Vine, aplikasi kirim pesan video singkat melalui perangkat Apple
Sumber :
  • mshcdn.com

VIVAnews - Situs mikroblog terpopuler, Twitter, baru saja meluncurkan aplikasi baru bernama Vine. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa mengirimkan video atau klip pendek berdurasi enam detik pada teman dan kerabatnya.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Kenapa cuma berdurasi enam detik? Dalam blog resmi, Twitter mengatakan, singkatnya video di Vine akan sama sesaknya dengan tweet di Twitter. "Sehingga, pengguna didorong agar lebih kreatif," tulis Twitter, seperti dilansir Cellular News, Jumat 25 Januari 2013.

Vine hanya terbatas untuk pengguna Apple. Kemungkinan besar, aplikasi baru ini akan bernasib sama dengan Instagram, yang nantinya tersedia juga untuk pengguna Android atau Windows Phone.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Twitter juga mendukung video-embedding dari YouTube di dalamnya, dan bisa bekerja di berbagai perangkat, tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Twitter membuat pengumuman singkat terkait layanan baru ini melalui blog, tapi tidak menjelaskan alasan mereka mengembangkan layanan mini-video, atau rencana besar perusahaan ke depan.

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Terkait layanan, sejumlah komentar di Twitter telah masuk mengkritisi isu atau bug yang ada di Vine. Misalnya, video akan terputar terus-menerus ke video berikutnya tanpa ada tombol stop. Ini akan sangat mengganggu ketika video yang ada di akun pengguna jumlahnya banyak.

Tapi, jika ingin mencoba tidak ada salahnya. Khusus pengguna Apple, Anda bisa mengaksesnya via iTunes.

Sebelumnya, Facebook juga memperkaya layanan Facebook Chat dengan membubuhkan fitur pesan suara. Sama halnya dengan fitur voice note pada BlackBerry Messenger, pengguna Facebook Chat juga dapat mengirimkan pesan suara serupa pada lawan bicaranya.

Namun, Facebook menolak kehadiran Vine. Belum sampai sehari, Vine sudah mendapat masalah, yaitu pengguna Vine tidak boleh menemukan atau menambah teman dari daftar teman di Facebook. Ya, akses itu sengaja diblokir jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg.

Hmm, apakah ini tanda-tanda Facebook dan Twitter berperang?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya