"Merayu" UKM, Google Gandeng Agen Khusus

Ilustrasi google music
Sumber :
  • google

VIVAnews - Pertumbuhan Internet di Tanah Air terus meningkat, namun raksasa perusahaan Internet Google merasa ekosistem Internet di Indonesia masih tertinggal.

"Kami ingin mengajak semua elemen di sini untuk membangun Internet," kata Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia dalam Think 2013 di Pacific Place, Hotel Ritz Carlton, Rabu 23 Januari 2013

Salah satu misi Google tahun ini adalah mendesak agar para pelaku UKM untuk bermigrasi ke dunia daring (online). Tapi, kendati sudah meluncurkan program UKM Go Online pada Febuari tahun lalu, menurut Krishna, pertumbuhan UKM online di Indonesia masih lamban.

"Saat ini, hanya ada 80 ribu UKM yang online dan menggunakan domain co.id. Jumlah yang sangat kecil bandingkan jutaan UKM yang ada di Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, edukasi UKM online di Indonesia masih butuh waktu, lantaran kebanyakan pelaku UKM masih memiliki pola pikir konvensional.

Tetapi, dia mengakui bahwa persoalan ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Problem yang sama juga terjadi di negara lain, termasuk di Amerika Serikat. "Di sana (AS) pun begitu. Masih perlu edukasi untuk membangun komunitas UKM online," katanya.

Untuk itu, Google meminta bantuan para agen untuk melakukan pendekatan pada para UKM agar beralih ke dunia maya. "Mengajak UKM untuk online adalah tugas mereka. Google akan ambil tahapan selanjutnya," ujar Khrisna.

Dia mengungkapkan, Google akan mengerahkan 70 sampai 100 agen khusus, yang di ambil dari Indonesia. Namun, dia enggan menjelaskan latar belakang agen-agen yang digandengnya.

Menkeu Terus Komunikasi dengan Tim Prabowo soal Anggaran di Pemerintahan Baru
Nabil Husein

Pesan Firman Utina untuk Bos Borneo FC Usai Gagal ke Final Championship Series Liga 1 2023-2024

Mantan pemain Timnas Indonesia, Firman Utina, beri pesan kepada Presiden klub Borneo FC Samarinda Nabil Husein Said Amin, seiring dengan kekalahan Pesut Etam

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024