ThinkPad X131e, Chromebook Pertama dari Lenovo

ThinkPad X131e, Chromebook pertama dari Lenovo
Sumber :
  • www.anandtech.com

VIVAnews - Lenovo baru saja memperkenalkan laptop perdana yang mengadopsi OS Chrome sebagai sistem operasinya. Menggunakan layar 11,6 inci, laptop ini lebih menyerupai netbook. Ringan dan terjangkau.

Lantaran menggunakan OS Chrome, laptop mini tersebut dinamakan Chromebook. Menyasar kaum pelajar dan mahasiswa, laptop ini memiliki bodi seperti "saudaranya" 131e, yang dikenal memiliki material cukup kokoh dan tahan banting.

Meski berbadan mungil, spesifikasi Chromebook satu ini cukup mumpuni. Misalnya, ThinkPad X131e mempunyai port HDMI untuk menghubungkan layarnya ke TV berkualitas HD.

Mengasah Keterampilan Berpikir Siswa Lewat Sustainable Innovation Fair

Selain itu, terdapat port VGA dan tiga port USB. Layarnya sendiri menggunakan HD LED anti-glare beresolusi maksimal 1366 x 768 piksel.

Sayangnya, dalam keterangan resmi Lenovo, yang kutip VIVAnews dari Lenovo.com, vendor asal China ini enggan menyebutkan tipe prosesor Intel yang bekerja di dalamnya. Kemungkinan besar Celeron, itu saja sudah lebih dari cukup untuk sebuah laptop mini.

Dalam keterangan yang sama, Lenovo mengatakan, daya baterai laptop ini bisa bertahan sepanjang jam sekolah, yang artinya sekitar 6-7 jam.

Memang, seperti disebutkan sebelumnya, Chromebook perdana ala Lenovo ini sengaja diciptakan untuk keperluan sekolah. Jika sesuai jadwal, ThinkPad X131e akan beredar pada 26 Februari mendatang, melalui proses lelang ke sekolah-sekolah yang ada di AS.

Setelah itu, laptop mungil tersebut akan dijual bebas dengan banderol US$429, atau setara Rp4,1 juta. Murah? Ya, relatif lebih murah jika dibandingkan dengan laptop-laptop Lenovo lainnya. (art)

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat
Universitas Stanford

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Pendidikan bisnis telah menjadi fondasi bagi banyak individu yang ingin meraih sukses dalam dunia korporat, kewirausahaan, dan berbagai bidang profesional lainnya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024