2012, Hewlett-Packard Masih Rajai PC

Notebook HP
Sumber :
  • hp.com

VIVAnews - Lembaga riset IDC baru-baru ini merilis laporan terbarunya seputar penjualan personal computer (PC) untuk lingkup global. Hingga akhir kuartal akhir 2012, pengapalan PC ke seluruh dunia mencapai 89,8 juta unit, turun 6,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski pada akhir kuartal lalu industri PC sempat diramaikan dengan kehadiran Windows 8, nyatanya OS terbaru dari Microsoft itu belum mampu menggenjot penjualan PC secara menyeluruh.

Dalam laporan bertajuk Worldwide Quarterly PC Tracker itu, Hewlett-Packard (HP) masih tercatat sebagai penguasa pangsa pasar PC dunia, dengan mengapalkan sekitar 15 juta unit, atau turun 0,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Lenovo menyusul di peringkat kedua dengan 14,1 juta unit, atau tumbuh 8,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Vendor laptop besutan IBM ini menguasai 15,7 persen pangsa pasar, selisih satu persen dari HP.

Dell dan Acer jadi dua raksasa vendor yang angka penjualannya terjun bebas. Dell, berada di posisi ketiga, dengan mengapalkan 9,4 juta unit, atau turun 20,8 persen dari 2011. Menempel setelahnya, Acer Group, telah mengapalkan 6,9 juta unit, turun 28,2 persen dari tahun sebelumnya.

Seperti Lenovo, Asus juga mencatat pertumbuhan positif. Meski berada di posisi kelima, vendor asal Taiwan itu sukses mencatat pertumbuhan penjualan 5,6 persen dari tahun lalu menjadi 6,4 juta unit. (art)

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024