RIM Siapkan 6 Produk Baru Berbasis BlackBerry 10

Perkenalan produk BlackBerry 10
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith/Files

VIVAnews - Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM), menyatakan siap menghadirkan enam perangkat baru berbasis sistem operasi BlackBerry 10 (BB10) tahun ini. RIM mentargetkan semua level harga, mulai dari kategori high end, menengah, maupun low end.

Demikian ungkap RIM di pameran Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas, AS, pada Rabu waktu setempat, seperti dilansir CNet. Kepala Eksekutif Pemasaran RIM, Frank Boulben, menjelaskan bahwa tahap pertama akan hadirkan dua perangkat berbasis BB10, baik dengan layar sentuh penuh maupun kombinasi layar sentuh dan keyboard.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Kedua tipe perangkat itu akan resmi diluncurkan pada 30 Januari nanti, sekaligus menandai kehadiran perangkat berbasis BB10.

BlackBerry 10 merupakan senjata pamungkas RIM untuk tetap menjaga persaingan di pasar smartphone, yang makin dipengaruhi produk berbasis Android besutan Google maupun serbuan iPhone dari Apple. Dengan BB10, perusahaan asal Kanada bertaruh dengan menawarkan kemudahan pesan dan pengetikan serta kemampuan antarmuka dan multimedia baru yang lebih baik.

Saat ini basis pelanggan tradisional RIM merupakan kalangan korporasi dan pemerintahan. Di negara berkembang, BlackBerry digandrungi oleh kalangan remaja, dengan kemudahan pesan instan BBM Messenger.

Saat persaingan dengan Android dan iPhone semakin ketat dalam beberapa tahun terakhir, RIM bisa saja kehilangan basis pelanggan korporat dan pemerintahannya.

Namun,  Kepala informasi perusahaan piranti lunak besar SAP, Oliver Bussmann, mengatakan dalam IDG News Services bahwa RIM masih memiliki penggemar setia di pasar korporat.

"Saya percaya masih ada komunitas pengguna BlackBerry di luar sana, Mereka menyukainya," kata Bussman dalam sebuah wawancara di CES di Las Vegas seperti dilansir CNet.

Martin Juara, Sprint Race MotoGP Spanyol Diwarnai Banyak Kecelakaan Termasuk Marquez & Bagnaia

Banyak Aplikasi

Namun kesuksesan RIM dalam meluncurkan BlackBery 10 sebagian besar akan bergantung pada bagaimana RIM mempopulerkan BB10 tersebut.

RIM mengatakan produk terbarunya nanti akan penuh dengan fitur dari awal. Satu faktor kunci yang diharapkan RIM dalam produk anyar mereka, yaitu rangkaian lengkap aplikasi untuk perangkat BB10.

Boulben mengatakan RIM akan memiliki minimal 70.000 aplikasi sudah tersedia untuk platform BB10 saat peluncuran.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

RIM juga menegaskan memiliki dukungan aplikas yang kuat dari pengembang. Boulben mengatakan perusahaan telah menargetkan 600 aplikasi pada pasar utama. Dan sejauh ini BB 10 mendukung sekitar 90 persen dari aplikasi tersebut. (eh)

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Willy Aditya.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Dengan beralih mendukung Prabowo-Gibran apakah Nasdem juga akan mengajukan nama-nama kadernya untuk menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran setelah resmi nantinya?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024